Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar Virtual, Waga Cukup Nonton di Rumah Saja


Ahad, 31 Mei 2020 - 12:16:12 WIB
Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar Virtual, Waga Cukup Nonton di Rumah Saja Hari Lahir Pancasila

HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Padang, Mahyeldi mengeluarkan surat edaran nomor: 200/392/Kesbangpol/2020 mengenai partisipasi beberapa institusi diantaranya, Sekda, Asisten, Sekretaris DPRD dan beberapa lembaga terkait untuk menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6/2020) besok.

Namun, penyelenggaraannya dilakukan melalui siaran langsung di Kanal youtube, facebook, Instagram BPIP serta Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia (RRI). Pelaksanaan yang dilakukan via daring ini akankah mengisyaratkan Kota Padang belum siap untuk memasuki fase New Normal yang direncanakan setelah tanggal 7 Juni nanti.

Akibat pandemi Covid-19 yang melanda Sumbar belakangan ini, memang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan aktivitas masyarakat. Terbukti dengan berjalannya PSBB untuk kedua kalinya, belum mampu menurunkan angka kasus positif di Sumbar, khususnya di Kota Padang sendiri.

Apalagi, pada poin tiga dalam surat edaran tersebut, secara terang-terangan Walikota Padang melarang masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan atau aktivitas peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya  banyak orang dalam suatu lokasi (sesuai protokol Covid-19). 

Bisa dipastikan tahun ini kemungkinan besar tidak akan ada penyelenggaraan upacara di Kota Padang untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila.
Kemudian, di point satu menjelaskan bahwa seluruh elemen pemerintahan hanya diperintahkan untuk mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB. 

Di poin kedua, disampaikan kepada seluruh jajaran untuk mengikuti dan menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia melalui siaran langsung di kanai sosial media di ruang kerja, rumah dan tempat tinggal masing-masing. Disusul poin keempat dalam memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 hanya melalui media publikasi cetak, elektronik serta media sosial. Poin kelima kepada para camat diminta untuk meneruskan surat edaran tersebut kepada masyarakat di lingkungan wilayah masing-masing. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Desember 2019 - 21:09:28 WIB

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Operasi PT Semen Padang, Firdaus, menilai momentum peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 mesti menjadi refleksi dan perenungan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pem.
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 01:32:18 WIB

    Peringatan Hari Ibu Jangan Sekadar Seremonial

    PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumbar Irwan Pra­yit­no mengatakan, dalam mem­peringati Hari Ibu tahun ini peran serta perempuan da­lam pembangunan bangsa akan semakin baik, begitu juga dengan kebijakan yang bersinergi ser.
  • Jumat, 30 September 2016 - 04:06:25 WIB

    Peringatan Gempa, Mantan Wako Diundang

    Peringatan Gempa, Mantan Wako Diundang PADANG,HALUAN — Mantan Walikota Padang, Sumatera Barat Fauzi Bahar mengatakan dirinya kecewa dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang karena tidak mengundang dirinya dalam peringa­tan tujuh tahun Gempa 30 September 2009 yang.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:40:42 WIB
    PETUGAS TUNDA PEMBONGKARAN

    Pedagang Jalan Samudera Diberikan Peringatan Terakhir

    Pedagang Jalan Samudera Diberikan Peringatan Terakhir Padang, Haluan—Hingga batas waktu yang diberikan, Selasa (23/8) masih ada pedagang yang berjualan di Jalan Samudera Pantai Padang..
  • Ahad, 07 Agustus 2016 - 15:08:09 WIB

    Tak Satupun Mantan Walikota Padang Hadiri Peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-347

    Tak Satupun Mantan Walikota Padang Hadiri Peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-347 PADANG, HALUAN—Sidang paripurna istimewa peringatan HUT Kota Padang ke-347 Minggu (7/8) di Gedung DPRD Padang, ternyata tak dihadiri para mantan Walikota Padang. Tak terlihat Fauzi Bahar, Zuiyen rais, atau juga Syahrul Udju.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]