Kembali ke Kantor, Begini Cara Membersihkan dan Disinfeksi Perangkat Elektronik


Ahad, 31 Mei 2020 - 13:35:55 WIB
Kembali ke Kantor, Begini Cara Membersihkan dan Disinfeksi Perangkat Elektronik Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah cukup lama memberlakukan bekerja dari rumah (WFH), sebagian perkantoran mulai meminta karyawannya untuk kembali bekerja dari kantor dan mulai beradaptasi dengan normal baru.

Saat Anda harus kembali ke kantor, ada baiknya untuk membersihkan dan mendisinfeksi perangkat elektronik yang telah lama Anda tinggalkan, terlebih perangkat tersebut akan Anda sentuh secara intens.

Penggunaan secara intens juga membuat perangkat elektronik berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri, apalagi jika Anda tidak sadar menyentuh wajah, saat menggunakan perangkat elektronik.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan sekaligus mendisinfeksi perangkat elektronik di kantor Anda, mulai dari komputer, laptop, hingga aksesori keyboard dan mouse. 

Perlu dicatat, saat membersihkan perangkat elektronik, ada baiknya Anda memeriksa instruksi dari pabrik terlebih dahulu karena beberapa perangkat tidak disarankan untuk terkena cairan tertentu karena dapat merusak perangkat.

Berikut cara membersihkan layar dan keyboard komputer atau laptop, serta ponsel dan tablet Anda, dikutip dari laman merrymaids.

Cara membersihkan layar komputer dan laptop
1. Untuk mencegah kerusakan atau agar Anda tidak kesetrum saat membersihkan komputer, Anda harus mematikan daya perangkat terlebih dahulu. Cabut kabel daya monitor, atau cabut baterai laptop jika model laptop Anda memungkinkan, atau matikan laptop Anda.

2. Lap monitor untuk menghilangkan debu menggunakan kain mikrofiber.

3. Jika tidak berhasil, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring. Anda hanya perlu setetes sabun dan air hangat. Perlu diketahui, sabun dapat membersihkan kuman dan bakteri, termasuk juga virus corona.

4. Celupkan kain mikrofiber bersih ke dalam larutan dan peras sampai kering. Ini sangat penting ketika Anda membersihkan laptop agar cairan tidak menetes masuk ke dalam mesin melalui tombol-tombol.

5. Lap layar Anda dengan lembut dengan kain yang dibasahi.

6. Bilas semua sabun dari kain ini, dan peras lagi, kemudian kembali lap layar Anda untuk menghilangkan residu sabun.

7. Sekali lagi, bersihkan layar Anda, kali ini menggunakan kain mikrofiber kering.

Cara membersihkan keyboard komputer atau laptop
1. Untuk keyboard komputer putuskan sumber daya terlebih dahulu dengan mematikan komputer, kemudian cabut kabel. Selain itu, cabut keyboard dari komputer. Jika Anda menggunakan keyboard nirkabel, keluarkan baterai. Untuk laptop, matikan laptop, dan jika memungkinkan lepas baterainya. 

2. Semprot keyboard dengan air duster atau canned untuk menghilangkan debu.

3. Basahi kapas dengan sedikit alkohol. Jangan terlalu jenuh, karena menjaga kelembaban adalah kunci. Seperti detergen, bakteri dan virus juga bisa mati dengan alkohol.

4. Usap setiap tombol menggunakan gerakan melingkar dengan ringan. Anda bisa melakukan tes pada satu titik terlebih dahulu untuk memastikan alkohol tidak menghilangkan huruf pada keyboard.

5. Keringkan dengan menggunakan kain mikrofiber. Jangan pasang baterai atau colok keyboard Anda ke komputer sampai benar-benar kering.

Cara membersihkan ponsel dan tablet
1. Pertama, Anda membutuhkan semprotan antibakteri yang aman untuk layar sentuh dan kain mikrofiber. (Ada pendapat yang mengatakan alkohol tidak boleh digunakan pada layar sentuh. Untuk itu, Anda harus melihat instruksi pabrik perangkat Anda).

2. Pastikan perangkat elektronik Anda telah dimatikan.

3. Basahi kain mikrofiber dengan semprotan, dan berhati-hatilah agar tidak membuat kain jenuh.

4. Usap layar, hindari semua bukaan.

5. Biarkan sebentar, kemudian bersihkan layar degan kain mikrofiber yang kering.

Jangan lupa, cover ponsel atau tablet Anda juga perlu dibersihkan. Anda bisa mencucinya dengan sabun cuci piring dan kain mikrofiber.

1. Lepaskan ponsel atau tablet dari cover.

2. Dalam mangkuk, campur beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat.

3. Celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan, jangan terlalu jenuh.

4. Seka cover.

5. Bilas kain sampai bersih lalu peras hingga lembab.

6. Bersihkan cover lagi untuk menghilangkan residu sabun.

7. Biarkan cover mengering semalaman atau lap dengan kain kering.

8. Pastikan cover benar-benar kering sebelum dipasangkan kembali ke ponsel atau tablet Anda.(*)

 Sumber : Antara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]