Tahukah Kamu Kenapa Matahari Selalu Mengikuti Manusia? Ini Jawabannya


Ahad, 31 Mei 2020 - 19:03:44 WIB
Tahukah Kamu Kenapa Matahari Selalu Mengikuti Manusia? Ini Jawabannya Ist

HARIANHALUAN.COM -- Matahari tampak seolah selalu mengikuti kita saat kita berjalan atau berkendara. Tahukah kamu mengapa demikian?

Posisi Matahari dan Bumi

Mengutip Kidpid dan dikutip dari Kompas.com, Minggu (31/5/2020), matahari sebenarnya tidak mengikuti kita. Jarak matahari sangat jauh dari Bumi, sekitar 149.597.870 kilometer.

Sejauh apapun perjalanan kita dari satu daerah ke daerah lain di Bummi ini, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan jarak antara Matahari dan Bumi.

Pada titik ini, posisi kita di Bumi sama sehubungan dengan jarak terhadap Matahari. Jadi, Matahari tampak berada di posisi yang sama atau Matahari seolah-olah mengikuti kita kemana-mana.

Coba lihatlah Matahari dari jendela kamar mu, lalu keluarlah dari rumah dan melihat Matahari lagi. Apakah posisi Matahari berubah? Tentu posisi Matahari tidak berubah.

Tetapi tanaman tampak lebih dekat dari taman daripada bila dilihat dari jendela kamarmu. Mengapa begitu?

Ini karena jarak obyek dari kamu. Ketika kamu berada di taman kamu dapat merasakan bahwa tanaman secara fisik lebih dekat denganmu.

Itu karena tanaman tidak terlalu jauh dari kamarmu atau dari rumahmu.

Tetapi Matahari berjarak sangat jauh dari Bumi. Jarak Matahari dari Bumi di luar imajinasi manusia.

Ketika kamu berjalan atau bepergian jarak jauh, jarak itu tidak seberapa bila dibandingkan jarah Matahari dengan Bumi.

Dalam hal ini, posisi kamu di manapun di Bumi tampaknya sama sehubungan dengan Matahari.

Jadi, Matahari tampak berada dalam posisi yang sama atau tampak seolah Matahari mengikuti kamu, ketika kamu berjalan atau bepergian dengan motor, mobil, kereta atau hanya berjalan kaki.

Jangkauan pandangan mata

Melansir Pitara, mata manusia memiliki jangkauan penghilatan tertentu. Sehingga kamu hanya bisa melihat benda-benda hanya dalam rentang tersebut. Contoh, kamu tidak bisa melihat onyek di belakang kepalamu.

Bidang visi ini melebar dari titik di mana kamu berada. Obyek lebih jauh terlihat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Akibatnya, obyek yang jauh dari kamu akan berada lebih lama di bidang penglihatan kamu, karena rentang lebih besar dari obyek yang ada di dekat.

Obyek yang sangat jauh tampak berada pada posisi sama untuk waktu yang lama.

Jarak matahari sangat jauh dari Bumi, jadi terlihat seolah berada di tempat yang sama, tidak peduli seberapa cepat kamu berjalan atau berkendara.

Satu-satunya hal yang bergerak cukup cepat sehingga membuat Matahari tampak bergerak di langit adalah Bumi itu sendiri. Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan sekitar 1.600 kilometer per jam.

Ekuator atau khatulistiwa adalah lingkaran imajiner di permukaan Bumi yang berada pada jarak yang sama dari kutub dan membagi Bumi menjadi dua bagian, belahan utara dan selatan.

Tetapi Bumi sangat besar dan meski berputar dengan kecepatan yang luar biasa, Bumi membutuhkan 23 jam, 56 menit dan 4,1 detik untuk menyelesaikan satu putaran penuh.

Bumi membutuhkan 24 jam untuk membuat satu putaran penuh dan saat Bumi bergerak pada porosnya, Matahari tampak bergerak di sepanjang cakrawala, naik dari timur, bergerak di atas kepala, dan akhirnya tenggelam di Barat.

Durasi satu hari rata-rata sama selama periode satu tahun. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]