Aturan Salat Berubah Usai Masjid Nabawi Dibuka, Ustaz Riza: Boleh Demi Keselamatan


Ahad, 31 Mei 2020 - 22:13:01 WIB
Aturan Salat Berubah Usai Masjid Nabawi Dibuka, Ustaz Riza: Boleh Demi Keselamatan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu tempat ibadah suci umat Islam yaitu Masjid Nabawi, kembali dibuka. Hal ini membuat banyak orang berbahagia karena selama pandemi, beberapa masjid di Makkah dan Madinah harus ditutup.

Namun, aturan salat di Masjid Nabawi berubah untuk upaya pencegahan dan menjamin keamanan para jamaah. Aturan tersebut seperti tak dibuka umum untuk publik hingga saf salat yang berjarak 1 meter sehingga umat yang masuk ke dalam masjid hanya 40 persen dari kapasitas tempat.

Hal ini membuat salah satu ustaz kenamaan Indonesia yaitu Riza Muhammad angkat bicara. Ia sebut, aturan ini diberlakukan untuk memutus mata rantai COVID-19.

"Ini adalah sesuatu yang harus kita jalankan, sebab protokoler untuk menghindari atau memutus mata rantai COVID-19," ucap Ustaz Riza, Minggu (31/5).

Selain itu, ustaz Riza sebut aturan saf salat yang seharusnya berdekatan sesuai ketentuan Islam boleh saja dirubah demi keselamatan umat Islam.

"Apakah boleh dirubah, boleh. Karena itu demi keselamatan umat Islam. Hukum itu akan berubah ketika melihat sebuah kondisi, kalau itu lebih baik dilakukan dan harus berjarak 1 meter demi physical distancing," tambahnya.

Meskipun begitu, tujuan akhirnya adalah mengharap kekuatan Allah agar pandemi ini segera selesai. Selain itu, keputusan berubahnya aturan salat di Masjid Nabawi ini, pastinya sudah ada diskusi dari beberapa ulama terkemuka dunia.

"Kalau kita lihat demikian, maka hal itu tentunya sudah merupakan keputusan para ulama-ulama di sana juga. Kalau ternyata masih dibutuhkan dan kita bersyukur ya, karena sudah dibuka ini berarti sudah ada kemajuan," pungkasnya.
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 21:37:59 WIB

    Aturan Baru MA Terkait Korupsi, Hukuman Teringan 1 Tahun, Paling Berat Penjara Seumur Hidup

    Aturan Baru MA Terkait Korupsi, Hukuman Teringan 1 Tahun, Paling Berat Penjara Seumur Hidup HARIANHALUAN.COM - Hukuman pidana yang akan dijatuhkan kepada tersangka korupsi resmi dikeluarkan oleh Mahkamah Agung (MA). Tercatat, hukuman paling berat yang akan diterima oleh pelaku adalah hukuman seumur hidup..
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:34:04 WIB

    Aturan Baru untuk PNS Sudah Dikeluarkan, Mulai dari Cuti hingga Pemberhentian

    Aturan Baru untuk PNS Sudah Dikeluarkan, Mulai dari Cuti hingga Pemberhentian HARIANHALUAN.COM - Perubahan baru tentang aturan cuti hingga pemberhentian pegawai negeri sipil (PNS) di instansi pusat dan pemerintah daerah (Pemda) telah dikeluarkan. Aturan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 17.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 13:22:40 WIB

    Simak Ya, Begini Aturan Baru Cuti PNS

    Simak Ya, Begini Aturan Baru Cuti PNS HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mengeluarkan aturan baru terkait manajemen pegawai negeri sipil (PNS). Salah satu aturan baru yang dikeluarkan tentang pemberian cuti PNS. Dalam aturan baru ini, cuti yang diajukan oleh PNS tak b.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 22:46:49 WIB

    Melahirkan di Masa Pandemi Covid-19? Begini Aturannya

    Melahirkan di Masa Pandemi Covid-19? Begini Aturannya HARIANHALUAN.COM - Dalam masa pandemi COVID-19 kegiatan dalam pencapaian target penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir harus tetap dilaksanakan. Kementerian Kesehatan telah menyiapkan aturan penanganan persalinan di rumah.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 12:33:38 WIB

    Aturan Baru Ibadah Haji: Jamaah Diisolasi 1 Minggu dan Wajib Tes PCR

    Aturan Baru Ibadah Haji: Jamaah Diisolasi 1 Minggu dan Wajib Tes PCR HARIANHALUAN.COM - Dengan merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Arab Saudi, penyelenggaraan ibadah haji 2020 terpaksa ditunda. Kali ini, Pemerintah Arab Saudi kembali menerbitkan aturan baru bagi jamaah yang hendak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]