Jokowi: 215 Negara Berlomba Kendalikan Corona, Buktikan Kita Bangsa Pemenang!


Senin, 01 Juni 2020 - 09:47:21 WIB
Jokowi: 215 Negara Berlomba Kendalikan Corona, Buktikan Kita Bangsa Pemenang! Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

HARIANHALUAN.COM - Memperingati Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan. Ajakan tersebut ditujukan untuk seluruh elemen masyarakat dari seluruh penjuru Tanah Air.

"Saya juga mengajak seluruh elemen bangsa dimana pun berada dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan saling membantu saling menolong dan saling bergotong royong," kata Jokowi dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/6/2020).

Tak hanya mengajak untuk saling memperkuat tali persatuan dan persaudaraan, Jokowi juga meminta masyarakat untuk selalu optimis dalam menatap masa depan bangsa. Menurutnya, bangsa Indonesia merupakan bangsa pemenang dalam menghadapi segala tantangan zaman.

"Serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang," katanya.

Jokowi mengatakan saat pandemi Corona diseluruh dunia membuat tantangan yang dihadapi saat ini tidaklah mudah. Menurutnya, sebanyak 215 negara di dunia sedang berlomba untuk jadi pemenang dalam mengendalikan wabah virus Corona dan memulihkan perekonomian negara.

"Kita tidak sendirian, 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita. Semua dalam kesulitan tapi kita juga harus menyadari semua negara tengah berlomba-lomba untuk jadi pemenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya," katanya.

Dia mengatakan sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus tampil sebagai pemenang. Jokowi mengajak seluruh masyarakat optimis, dan mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan dengan menjawab semua tantangan itu dengan inovasi dan karya nyata.

"Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi COVID ini. Mari kita buktikan ketangguhan kita. Mari kita menangkan masa depan kita. Kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air mari kita terus memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan kekurangan dan kelemahan tak boleh menghalangi bangsa Indonesia untuk terus maju. Dia menyebut kekurangan dan kelemahan harus diperbaiki secara bersama-sama agar bisa menjadi bangsa yang kuat dan mandiri.

"Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju, kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri yang berdiri di atas kaki sendiri," pungkasnya. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]