Waduh! Fenomena Pingpong di Banjarnegara: Sembuh dari Corona, Kini Positif Lagi


Senin, 01 Juni 2020 - 20:08:00 WIB
Waduh! Fenomena Pingpong di Banjarnegara: Sembuh dari Corona, Kini Positif Lagi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono

BANJARNEGARA, HARIANHALUAN.COM - Kasus penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Banjarnegara bertambah 3 orang. Dari jumlah itu, satu di antaranya sempat dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Ketiganya merupakan satu keluarga dari Kecamatan Madukara, Banjarnegara. Sebelumnya, salah satu pasien tersebut sempat dinyatakan sembuh dari COVID-19 berdasarkan pemeriksaan swab. Namun, karena keluarganya yang tinggal satu rumah terkonfirmasi COVID-19, yang bersangkutan kembali dilakukan pemeriksaan swab, dan hasil positif.

"Ada penambahan 3 orang dari Kecamatan Madukara. Berdasarkan pemeriksaan swab, salah satu dari tiga orang itu sempat dinyatakan sembuh. Tetapi setelah diperiksa kembali, ternyata hasil swab positif COVID-19," terang Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers, Senin (1/5/2020).

Ia mengatakan, kejadian ini menunjukkan bahwa pasien yang telah dinyatakan negatif, tidak menutup kemungkinan untuk terinfeksi lagi. Untuk itu, pasien yang sudah dinyatakan sembuh untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Adanya fenomena pingpong seperti ini menjadikan pelajaran untuk kita semua agar lebih waspada dan tidak takabur. Dan untuk pasien yang sudah dipulangkan untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terinfeksi lagi," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara dr Ahmad Setyawan menjelaskan, pasien yang kembali terinfeksi COVID-19 bukan karena kambuh. Namun penularan datang dari luar.

"Muncul itu bukan dari dalam muncul lagi dan kambuh, tetapi dari luar masuk ke dalam," jelasnya.

Saat ini, dengan bertambahnya 3 pasien COVID-19 di Banjarnegara, jumlah kasus menjadi 39 orang. Dari jumlah tersebut, 26 dinyatakan sembuh dan 13 orang masih dalam perawatan. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 11:03:06 WIB

    Waduh! PNS Kemenkeu Dipangkas, Lowongan PKN STAN Disetop

    Waduh! PNS Kemenkeu Dipangkas, Lowongan PKN STAN Disetop HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan reformasi Sumber Daya Manusia (SDM). Pengelolaan SDM dibuat optimal untuk mewujudkan SDM yang adaptif dan tech-savvy..
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 21:46:49 WIB

    Waduh! PSBB Belum Usai, Warga Jakarta Serbu Puncak

    Waduh! PSBB Belum Usai, Warga Jakarta Serbu Puncak HARIANHALUAN.COM - Beredar video warga memadati kawasan Puncak Bogor pada libur akhir pekan ini. Camat Cisarua Deni Humaedi membenarkan peristiwa itu terjadi pada siang ini, (31/5)..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 15:47:40 WIB

    Waduh! Mantan Pimpinan KPK Nilai Pilkada saat Pandemi Rawan

    Waduh! Mantan Pimpinan KPK Nilai Pilkada saat Pandemi Rawan HARIANHALUAN.COM - Mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengkritisi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar 9 Desember mendatang. Menurutnya, penyelenggaraannya di tengah pan.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 13:56:00 WIB

    Waduh! Siapkan Promosi Wisata, Presiden Jokowi Tugaskan Wishnutama

    Waduh! Siapkan Promosi Wisata, Presiden Jokowi Tugaskan Wishnutama HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio untuk menyiapkan program wisata yang aman dari virus Corona.  Berbagai destinasi wisata di Ind.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 16:02:06 WIB

    Waduh! Gara-gara Tak Bayar THR, 686 Perusahaan Diadukan

    Waduh! Gara-gara Tak Bayar THR, 686 Perusahaan Diadukan HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat 686 perusahaan diadukan tak membayar tunjangan hari raya (THR). Angka tersebut berdasarkan laporan yang diterima pihaknya sejak 11 hingga 20 Mei melalui Posko.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]