Antisipasi Gelombang Kedua Serangan Corona, IDAI: Sebaiknya Sekolah tidak Dibuka Sampai Desember


Senin, 01 Juni 2020 - 22:57:45 WIB
Antisipasi Gelombang Kedua Serangan Corona, IDAI: Sebaiknya Sekolah tidak Dibuka Sampai Desember Antisipasi lonjakan kedua serangan corona, sebaiknta sekolah tidak dibuka setidaknya sampai bulan Desember 2020.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengingatkan bahwa pembatasan fisik merupakan syarat penting dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. 

Menurut IDAI, pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih sangat berisiko menimbulkan lonjakan jumlah kasus baru jika diberlakukan sekarang.

"Dengan memerhatikan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 yang masih terus bertambah dan mulai melonggarnya PSBB, kemungkinan akan terjadi lonjakan jumlah kasus kedua," kata Ketua Umum IDAI dr Aman Bakti Pulungan SpA(K) dalam keterangan tertulis yang diterima republika.co.id.

Di samping itu, IDAI mencermati, upaya menerapkan pencegahan infeksi pada anak-anak masih sulit untuk dilakukan. Aman mengatakan, IDAI menganggap perlu memberikan anjuran mengenai kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

Aman mengungkapkan, IDAI mendukung dan mengapresiasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadikan rumah sebagai sekolah dan melibatkan peran aktif siswa, guru dan orang tua dalam proses belajar mengajar. 

Pihaknya menganjurkan agar kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan melalui skema pembelajaran jarak jauh (PJJ), baik secara dalam jaringan maupun luar jaringan, menggunakan modul belajar dari rumah yang sudah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anjuran melanjutkan PJJ ini, menurut Aman, perlu dievaluasi secara berkala mengikuti perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Ia mengungkapkan, dengan mempertimbangkan antisipasi lonjakan kasus kedua, sebaiknya sekolah tidak dibuka setidaknya sampai bulan Desember 2020.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]