Sering Terlupakan, Cuci Tangan Bukan Cuma Soal 20 Detik


Senin, 01 Juni 2020 - 23:00:32 WIB
Sering Terlupakan, Cuci Tangan Bukan Cuma Soal 20 Detik Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Meskipun jumlah pasien corona Covid-19 belum mengalami penurunan, tapi pemerintah berencana untuk membuka beberapa tempat seperti, mal, dan tempat pariwisata. Pemerintah pun menyebut hidup berdampingan dengan virus corona sebagai era new normal.

Ada bbeberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan dalam era new normal nnti. Salah satunya adalah kewajiban untuk memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

Memang, Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta masyarakat untuk melakukan cuci tangan minimal 20 detik, dilakukan dengan penggunaan sabun dan dibilas di bawah air mengalir.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan saat sesudah/sebelum makan, sebelum/setelah memegang anak, setelah memegang benda, setelah kontak fisik dengan orang lain, setelah buang air besar atau buang air kecil di toilet, dan sebagainya.

Tapi, yang sering terlupakan adalah tidak hanya mencuci tangan selama 20 detik, tapi juga bagian-bagian yang harus dibilas.

Nah, Anda harus tahu cara mencuci tangan yang benar dan sudah sering diajarkan. Simak ulasan berikut ini, seperti dilansir dari situs WHO.

1. Basahi telapak tangan

2. Tuang sabun ke tangan/ pakai cairan desinfektan

3. Gosok kedua telapak tangan

4. Gosok punggung tangan kanan dan sela jari

5. Gosok sela-sela jari Genggam jempol kiri dengan telapak tangan tangan kiri dan kanan|dengan telapak kanan Kaitkan jari

6. Gosok telapak tangan secara meutar

7. Bilas kedua tangan di bawah air mengalir

8. Keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu kering

9. Gunakan lap atau tisu untuk menutup kran air

Ingat ya, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih ampuh membunuh virus corona dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 21:30:33 WIB

    Waspada Gejala Awal Diabetes, Tangan Sering Kesemutan

    Waspada Gejala Awal Diabetes, Tangan Sering Kesemutan HARIANHALUAN.COM - Banyak penderita diabetes yang tidak merasakan gejala awal dari penyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena gejala yang timbul sering kali ringan dan bertahap sehingga tidak mudah disadari..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 13:45:15 WIB

    Sering Ingin BAB setelah Makan? Mungkin Anda Mengalami Ini

    Sering Ingin BAB setelah Makan? Mungkin Anda Mengalami Ini HARIANHALUAN.COM - Beberapa orang mungkin langsung merasa mulas dan ingin buang air besar atau BAB setelah makan. Tahukah Anda? Penyebab paling mungkin dari kebutuhan BAB setelah makan adalah refleks gastrokolik. Dilansir dar.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 21:54:31 WIB

    Kenali 6 Gejala Kanker Ovarium, Salah Satunya Sering Buang Air Kecil

    Kenali 6 Gejala Kanker Ovarium, Salah Satunya Sering Buang Air Kecil HARIANHALUAN.COM - Penyakit kanker memang sulit dideteksi dan baru terlihat ketika sudah memasuki fase yang cukup kritis. Bagi para perempuan, kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup mengancam..
  • Jumat, 10 April 2020 - 11:04:00 WIB

    Bunda Wajib Tahu! Ini Bahayanya Bila Anak Sering Tunda Imunisasi

    Bunda Wajib Tahu! Ini Bahayanya Bila Anak Sering Tunda Imunisasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Spesialis anak dr. Lucyana, SpA mengatakan imunisasi yang tertunda bisa membuat anak rentan sakit..
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 11:31:42 WIB

    Jokowi Bela Prabowo Sering ke Luar Negeri

    Jokowi Bela Prabowo Sering ke Luar Negeri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'pasang badan' terkait kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang kunjungan kerja ke luar negeri. Jokowi menyebut Prabowo melakukan diplomasi pe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]