Harga Pakan Ikan Terus Melejit, Pemilik Kolam Menjerit


Selasa, 02 Juni 2020 - 06:03:14 WIB
Harga Pakan Ikan Terus Melejit, Pemilik Kolam Menjerit Foto: Instagram Metrotv

HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah pemilik kolam ikan di Kota Padang mengeluh karena kenaikan harga pakan beberapa bulan terakhir. Akibatnya, mereka terpaksa membeli dan menggunakan pakan ikan rendah protein. Bahkan harganya masih tinggi meskipun perayaan Hari Raya Idul Fitri telah usai.

Pemilik kolam ikan, Ade mengaku, kenaikan pakan ikan akan membuat hasil panen mereka kurang maksimal. Tidak stabilnya harga pakan ikan di pasaran, membuat sejumlah pemilik kolam ikan di Padang mengeluh. Mereka terpaksa menggunakan pakan lain, dengan kualitas protein lebih rendah dari pakan biasanya.

"Sekarang satu karung pakan ikan, dijual Rp460 ribu, padahal sebelumnya hanya dibanderol dengan harga Rp400 ribu," ujar Ade, kemarin.

Menurut Ade, kenaikkan mencapai Rp60 ribu per karung ini, membuat dirinya mencari jenis pakan lain. Oleh karena itu, Ade berharap, pemerintah daerah bisa menyediakan pakan ikan atau ternak lebih murah, atau di produksi secara lokal, sehingga bisa menjamin stabilitas harga.

Lebih lanjut, Ade berpendapat, harga jual ikan kolam Padang, kalah bersaing dengan daerah lain. Karena biaya pemeliharaan lebih tinggi, sehingga hasil panen harus dijual mahal. Sementara pemilik kolam di daerah lain bisa menjual ikan dengan harga lebih rendah.

"Sekarang, satu kilogram ikan nila di Padang dihargai Rp35 ribu. Harga itu masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan biaya pemeliharaan, namun jika harga dinaikan masyarakat akan mengeluh," tutur Ade.

Selain mahal, Ade juga sulit mendapatkan pakan berkualitas, karena harus bergantung kepada pabrik pakan di daerah lain. Ade juga berharap kedepan bisa mendapatkan jaminan harga pakan ternak dan ikan normal dari produsen pakan. Pasalnya menurut Ade sangat potensial menjadi daerah penghasil ikan atau bisnis budi daya ikan.

"Meski begitu, itu butuh dukungan pemerintah, untuk stabilitas air dan pakan," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 08:59:20 WIB

    Investor Kembali Main Saham Gegara Harga Emas Melemah

    Investor Kembali Main Saham Gegara Harga Emas Melemah HARIANHALUAN.COM - Harga emas jatuh pada hari perdagangan Jumat (11/7/2020) waktu setempat. Hal ini karena kenaikan dalam ekuitas AS memangkas jalur kenaikan emas..
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 20:45:57 WIB

    Mengintip Kisaran Harga Sapi Kurban, Paling Murah Rp16 Juta

    Mengintip Kisaran Harga Sapi Kurban, Paling Murah Rp16 Juta HARIANHALUAN.COM - Pedagang sapi mulai semarak di sejumlah wilayah di Jakarta menjelang Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli ini. Harga sapi untuk kurban beragam, paling murah Rp 16 juta..
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 10:33:07 WIB

    Harga Pertalite di 50 SPBU Turun Jadi Rp 6.450

    Harga Pertalite di 50 SPBU Turun Jadi Rp 6.450 HARIANHALUAN.COM - PT Pertamina (Persero) menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan harga Rp 6.450/liter. Biasanya Pertalite dijual dengan harga Rp 7.650/liter, namun kini harganya dijual mirip dengan jenis Prem.
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:46:25 WIB

    Daftar Harga Sepeda Lipat Pacific Termurah, Cuma Rp3 Jutaan

    Daftar Harga Sepeda Lipat Pacific Termurah, Cuma Rp3 Jutaan HARIANHALUAN.COM - Sepeda lipat Pacific tidak selalu dibanderol dengan harga selangit. Ada pula sepeda lipat Pacific yang dijual dengan harga murah meriah. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 07:15:19 WIB

    Kabar Baik, Pertalite Turun Harga Jadi Rp6.450 per Liter

    Kabar Baik, Pertalite Turun Harga Jadi Rp6.450 per Liter HARIANHALUAN.COM – Kabar gembira datang dari PT Pertamina yang menurunkan harga bahan bakar untuk jenis Pertalite menjadi Rp6.450 per liter. Harga tersebut baru sudah mulai efektif sejak 5 Juli hingga 31 Agustus 2020..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]