5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Pakai Masker


Selasa, 02 Juni 2020 - 06:29:43 WIB
5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Pakai Masker Foto: iStock

HARIANHALUAN.COM -- Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika mereka memiliki napas yang berbau kurang sedap. Namun semenjak pandemi Corona yang mengharuskan setiap orang menggunakan masker, bau mulut tersebut akan lebih mudah tercium dan membuat orang tersebut menyadarinya. Sebenarnya, bau mulut adalah hal yang sangat umum dan biasa, namun hal itu mungkin bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Selain itu, beberapa bau mulut juga bisa menjadi pertanda jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik.

Seperti dilansir dari detik.com, Selasa (2/6/2020), berikut ini beberapa penyebab bau mulut dan cara untuk menghilangkannya:

1. Kebiasaan Menyikat Gigi yang Buruk

Tidak rajin membersihkan atau menggosok gigi bisa menjadi salah satu alasan mengapa kamu memiliki aroma napas yang tidak sedap. Menggosok gigi dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dan gusimu.

Sisa-sisa makanan tersebut yang jika tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Usahakan selalu menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dan melakukan flossing secara rutin menggunakan benang gigi. Gosok gigi dan juga bagian lidahmu karena bakteri dapat menempel pada bagian-bagian mulut tersebut.

2. Mengonsumsi Makanan Berbau

Jenis makanan yang kamu makan juga dapat mempengaruhi kualitas napasmu dan membuatnya menjadi berbau tidak sedap. Makanan-makanan yang mengandung belerang memiliki Allyl Methyl Sulfide yang dapat bertahan pada aliran darah dan membuat napasmu menjadi berbau tidak sedap kurang lebih selama 72 jam setelah kamu mengonsumsi makanan tersebut.

Beberapa makanan tersebut adalah bawang putih, telur ikan, bawang merah, kopi, dan makanan-makanan pedas. Makanan-makanan tersebut mungkin akan sulit dihindari, sehingga kamu bisa tetap memakannya dengan tetap menyeimbangkan makanan lain yang dapat meningkatkan produksi air liur, seperti, parsley, lemon, wortel, dan apel. Pastikan juga kamu meminum banyak air putih. Cara-cara tersebut dapat membantu mengurangi bau mulut akibat makanan yang berbau kuat.

3. Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Terlalu banyak makan makanan manis tentunya sangat tidak sehat bagi tubuh, selain itu juga dapat menyebabkan bau mulut. Gula adalah makanan bagi bakteri-bakteri yang hidup pada mulutmu dan ketika bakteri-bakteri tersebut mengonsumsinya, mereka akan menyebabkan napasmu jadi berbau tidak sedap. Jika kamu benar-benar ingin mengonsumsi makanan manis maka cobalah untuk mencampurnya dengan makanan yang mengandung lebih sedikit gula, seperti dark chocolate atau cokelat hitam dibandingkan dengan karamel atau gummy.

4. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan juga dapat mempengaruhi bau mulutmu. Beberapa obat-obatan seperti obat tekanan darah tinggi, depresi, kecemasan, pengurang rasa sakit, dan tegang otot dapat membuat mulut menjadi kering. Akibatnya, kamu akan memiliki napas yang berbau tidak sedap.

5. Merokok

Alasan lain mengapa kamu memiliki napas yang berbau tidak sedap adalah karena kebiasaan merokok yang kamu miliki. Bau tembakau dari rokok tidak hanya akan melekat pada pernapasanmu, melainkan juga pada pakaian yang kamu kenakan. Kamu pasti sudah tahu bukan, bahwa selain dapat membuat napasmu berbau tidak sedap, merokok juga dapat membahayakan kesehatanmu. Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai berhenti dari kebiasaanmu itu. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 21:59:01 WIB

    5 Aturan Baru Menginap di Hotel, Yuk Baca Dulu

    5 Aturan Baru Menginap di Hotel, Yuk Baca Dulu HARIANHALUAN.COM - MenginapĀ di hotel menjadi salah satu kegiatan liburan yang diminati oleh sebagian besar keluarga. Anda dapat tidur nyaman dengan suasana berbeda, sehingga dapat melepas penat dari rutinitas..
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 11:44:07 WIB

    Ingin Bikin Telur yang Lezat dan Sempurna? Hindari 5 Kesalahan Memasak Ini

    Ingin Bikin Telur yang Lezat dan Sempurna? Hindari 5 Kesalahan Memasak Ini HARIANHALUAN.COM - Banyak yang mengira memasak telur adalah tugas yang mudah. Padahal, memasak telur mudah-mudah sulit loh..
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:01:28 WIB

    Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri

    Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri HARIANHALUAN.COM -- MomenĀ Idul Fitri atau Lebaran biasanya dipakai untuk bertemu dengan sanak saudara dan keluarga. Namun di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, beberapa orang bisa jadi mengurungkan niatnya untuk bertemu de.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:13:56 WIB

    5 'Rahasia' Agar Tak Gagal Membuat Kue Kering Lebaran

    5 'Rahasia' Agar Tak Gagal Membuat Kue Kering Lebaran HARIANHALUAN.COM - Membuat kue kering adalah satu kegiatan yang identik dan ditunggu-tunggu jelang Lebaran. Meski tahun ini Lebaran mungkin tak dirayakan bersama keluarga besar karena anjuran untuk di rumah saja demi menekan .
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:55:26 WIB

    5 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi

    5 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi Masyarakat dihebohkan dengan temuan daging babi yang dibuat menyerupai daging sapi. Hal itu dilakukan oleh empat pelaku di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang telah menjual dan mengedarkan sebanyak 63 ton daging palsu itu sel.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]