Catat! Ini Aturan Bagi Drivel Ojol saat Bawa Penumpang Selama New Normal


Selasa, 02 Juni 2020 - 07:18:38 WIB
Catat! Ini Aturan Bagi Drivel Ojol saat Bawa Penumpang Selama New Normal Ojek Online (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

HARIANHALUAN.COM -- Driver ojek online seperti Grab dan Gojek sudah mempersiapkan diri memasuki new normal atau tatanan hidup baru di era pandemi virus corona Covid-19. Caranya dengan membuat protokol kesehatan ketika membawa penumpang.

Salah satu kebijakan new normal ojek online bila diizinkan membawa penumpang lagi adalah meminta penumpang membawa helm sendiri.

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono mengatakan pada Maret lalu pihaknya telah menerbitkan protokol kesehatan bagi para pengemudi dan imbauan agar penumpang membawa helm sendiri.

"Untuk memasuki fase baru pandemi Covid-19 Garda juga tengah menyiapkan dan siap menerapkan basic hygiene bagi para pengemudi ojol maupun pengguna jasa ojol sebagai penguatan protokol kesehatan sebagai preventif," ujar Igun Wicaksono dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (2/6/2020).

Basic hygiene merupakan langkah preventif Garda dalam ketika ojol bawa penumpang di new normal, di mana apabila ojol sudah diperbolehkan membawa penumpang, maka diharapkan penumpang mendapatkan layanan ojol yang bersih dan higienis optimal.

Berikut Basic personal hygiene driver ojol:

Driver ojol membawa sabun cair yang mengandung antiseptik untuk rajin mencuci tangan

Driver ojol membersihkan diri (mandi) secara rutin menggunakan sabun antiseptik minimal 2 kali sehari

Mencuci atribut ojol, masker, sarung tangan dan pakaian setelah digunakan untuk kegiatan dengan menggunakan deterjen atau jika perlu menambahkan disinfektan

Driver ojol jika membawa hand sanitizer untuk menjaga sterilisasi tangan

Menjaga kebersihan penampilan fisik.

"Garda juga sudah siapkan partisi sebagai sekat antara driver dengan penumpang sebagai salah satu bagian dari protokol kesehatan tambahan selain penumpang membawa helm sendiri," ujar Igun. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 06:31:49 WIB

    Catat! Mudik Tetap Dilarang, Tidak Ada Pengecualian

    Catat! Mudik Tetap Dilarang, Tidak Ada Pengecualian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung dan segera menindaklanjuti terbitnya Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembat.
  • Jumat, 24 April 2020 - 21:38:38 WIB

    Catat! Mulai 7 Mei, Warga yang Ngotot Mudik Akan Ditindak

    Catat! Mulai 7 Mei, Warga yang Ngotot Mudik Akan Ditindak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra menyebut mulai Kamis, 7 Mei 2020 sampai dengan Minggu, 31 Mei 2020 akan diberlakukan penegakan hukum .
  • Jumat, 17 April 2020 - 08:32:42 WIB

    Catat! Ini Daerah-Daerah yang Disetujui dan Belum Boleh Terapkan PSBB

    Catat! Ini Daerah-Daerah yang Disetujui dan Belum Boleh Terapkan PSBB JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah pemerintah daerah sudah dan akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan laju penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah masing-masing. Usul mereka untuk men.
  • Kamis, 16 April 2020 - 20:59:54 WIB

    Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka 20 April

    Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka 20 April JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akan membuka kembali pendaftaran program kartu prakerja gelombang II pada Senin, 20 April, mulai pukul 08:00 WIB. Selanjutnya, pendaftaran kartu prakerja gelombang kedua akan ditutup pad.
  • Ahad, 12 April 2020 - 14:23:50 WIB

    Catat! Masyarakat Wajib Pakai Masker Setahun ke Depan Meski Corona Berakhir

    Catat! Masyarakat Wajib Pakai Masker Setahun ke Depan Meski Corona Berakhir JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pakai masker kini jadi sebuah keharusan saat keluar rumah atau berada di tempat umum. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan pentingnya memakai masker baik bagi orang sakit maupun yang se.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]