Peristiwa Besar 2 Juni: Raja Terakhir Italia Turun Tahta


Selasa, 02 Juni 2020 - 08:46:31 WIB
Peristiwa Besar 2 Juni: Raja Terakhir Italia Turun Tahta Raja Umbreto II (Wikimags)

HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah peristiwa besar dan bersejarah berlangsung pada 2 Juni. Pada hari ini raja terakhir Italia, Umberto II, harus turun dari takhtanya setelah Italia berubah dari monarki menjadi republik.

Seperti dikitup dari Okezone, Selasa (2/6/2020), verikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 2 Juni yang dihimpun dari sumber Wikipedia:

2 Juni 455

Bangsa Vandal mengobrak-abrik Kota Roma selama dua pekan dan menjarah harta rakyat Kota Roma. Bangsa Vandal adalah bangsa dari daerah Jerman bagian timur. Setelah mengobrak-abrik Kota Roma, Bangsa Vandal menuju kawasan Afrika bagian utara dan mulai membuat permukiman.

2 Juni 1010

Pertempuran Aqbat Al-Bakr yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Cordoba pimpinan Sulayman bin Al-Hakam dengan pasukan pemberontak yang dipimpin Muhammad bin Hisham meletus di kawasan Andalusia yang kini menjadi Spanyol. Pertempuran itu berhasil dimenangi pasukan pemberontak. Kekhalifahan Cordoba yang berdiri sejak 929 akhirnya runtuh setelah kekalahan tersebut.

2 Juni 1098

Pengepungan Kota Antioch—kini Antakya, Turki—oleh Tentara Salib resmi berakhir. Pasukan Tentara Salib akhirnya berhasil merebut kota tersebut dari pasukan muslim setelah mengepungnya sejak 1097.

2 Juni 1924

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-30 Calvin Coolidge mengesahkan undang-undang yang mengakui orang-orang Suku Indian sebagai warga negara AS. Meski sudah diakui sebagai warga negara, suku yang mendiami tanah AS sebelum Bangsa Eropa datang itu masih dibatasi dalam penggunaan lahan.

2 Juni 1941

Pasukan Jerman yang berhasil mendarat di Pulau Kreta mulai membantai warga sipil di Desa Kondomari. Sebanyak 60 jiwa melayang dalam pembantaian tersebut. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Kondomari.

2 Juni 1946

Italia resmi berubah bentuk dari negara monarki menjadi negara republik. Dengan begitu, Raja Italia, Umberto II, harus turun dari takhtanya. Selain itu, ia harus menjalani pengasingan di Cascais, Portugal.

2 Juni 1953

Menyusul kematian Raja George VI, Elizabeth II resmi dilantik menjadi Ratu Inggris. Untuk kali pertama pelantikan pemimpin Kerajaan Inggris ditayangkan di televisi. Jutaan penonton rela berdesakan di halaman Istana Westminster, London demi menyaksikan pelantikan Elizabeth II.

2 Juni 1955

Pemimpin Yugoslavia, Josip Broz Tito, dan Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khrushchev, menandatangani Deklarasi Belgrade di Belgrade, Serbia. Dari deklarasi itu, Yugoslavia dan Uni Soviet resmi berdamai setelah bersitegang sejak 1948.

2 Juni 1962

Pertandingan sepak bola dalam ajang Piala Dunia FIFA antara Cile dan Italia menjadi pertandingan sepak bola terbrutal sepanjang sejarah. Polisi harus berulang kali masuk lapangan demi memisah para pemain yang terlibat bentrok sepanjang pertandingan.

2 Juni 1979

Paus Yohanes Paulus II mengunjungi tanah kelahirannya di Polandia. Kunjungan itu menjadikan dirinya sebagai paus pertama yang mengunjungi negara komunis. (*)

 Sumber : Okezone /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 08:19:08 WIB

    Dua Peristiwa Awal Mula Perampokan Tanah Palestina oleh Israel

    Dua Peristiwa Awal Mula Perampokan Tanah Palestina oleh Israel HARIANHALUAN.COM -- Jika ditelusuri dengan detail, sejarah pendudukan tanah Palestina oleh Israel sangatlah panjang. Namun setidaknya, terdapat dua peristiwa sejarah penting yang menjadi fondasi perampokan tanah Palestina o.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]