Warga Dharmasraya Banyak Tak Pakai Masker, Ramadian: Terjadi Infeksi Saluran Pernapasan Langsung Dicap ODP


Selasa, 02 Juni 2020 - 11:34:31 WIB
Warga Dharmasraya Banyak Tak Pakai Masker, Ramadian: Terjadi Infeksi Saluran Pernapasan Langsung Dicap ODP Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian.

HARIANHALUAN.COM -- Di saat pandemi yang terjadi saat ini pemerintah menganjurkan pada masyarakat untuk dapat menggunakan masker dan menjadikan list pertama saat keluar rumah. Hal tersebut berguna untuk mencegah penularan Covid-19 melalui jalur masuk yang terdapat di wajah.

Jalur masuk virus yang terdapat pada wajah terdapat pada mata, hidung, serta mulut. Jika masyarakat tidak menggunakan masker maka persentase kemungkinan terjangkit virus corona akan besar. Namun, ada saja masyarakat yang tidak mengindahkan anjuran tersebut. Bahkan enggan menggunakan masker dengan alasan napas sesak.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian mengakui banyak warga tak pakai masker. Ia juga sangat menyayangkan terhadap kesadaran masyarakat tidak memakai masker saat itu. Dikutip dari akun Instagram @infodharmasraya, Selasa (2/6) ia mengatakan selaku petugas medis menganjurkan masyarakat Dharmasraya untuk menggunakan masker demi mencegah penularan virus corona.

Menurutnya dari hasil pantuan tim gugus tugas, masih banyak masyarakat Kabupaten Dharmasraya tidak mengunakan masker, apa lagi saat saat lebaran Idulfitri kemarin hingga saat ini.

“Mungkin mereka ini belum tahu manfaat dari masker tersebut. Menggunakan masker sangat bermanfaat sekali apa lagi saat ini dalam masa pandemi covid -19, masuk nya virus ke dalam tubuh itu di antranya mata, lubang hidung dan mulut. Maka dari itu kita sarankan untuk wajib memakai masker,” terangnya.

Ia juga menegaskan jika masyarakat tidak mau menggunakan masker dan mengalami infeksi saluran pernapasan maka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya akan langsung mengkategorikan orang tersebut sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Tindakan tersebut dilakukan untuk menimbulkan kesadaran masyarakat akan kegunaan masker. Sebab, masker dapat menghalangi ribuan virus yang akan masuk ke dalam tubuh. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 16:36:56 WIB

    Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD

    Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 29 warga Kota Pariaman tercatat kena demam berdarah (DBD) sejak Januari sampai Juni 2020. "Paling banyak terkena kasus tersebut, anak berusia 15 tahun kebawah," kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota .
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 11:28:33 WIB

    Agam Buncah, Seorang Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Sebulan Tak Ada Kasus

    Agam Buncah, Seorang Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Sebulan Tak Ada Kasus HARIANHALUAN.COM - Setelah lebih sebulan kasus Covid-19 melandai di Kabupaten Agam, bahkan 18 warga yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona juga telah sembuh. Namun, Minggu (28/6/2020) pagi kembali buncah, .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 18:31:40 WIB

    Kabar Baik, 42 Warga Puluik-puluik Dinyatakan Negatif Covid-19

    Kabar Baik, 42 Warga Puluik-puluik Dinyatakan Negatif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada 42 orang masyarakat yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sembako tersebut diterima oleh salah seorang peserta karantina.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 09:29:45 WIB

    Satu Warga Nagari Pilubang Sungai Limau Terima Bantuan RTLH

    Satu Warga Nagari Pilubang Sungai Limau Terima Bantuan RTLH HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali menggelontorkan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) bagi warga tak mampu di kabupaten ini, Kamis (25/6) di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau. Bantuan tersebut dian.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 20:20:37 WIB

    Sebanyak 42 Warga Karantina di Pessel Jalani Tes Swab

    Sebanyak 42 Warga Karantina di Pessel Jalani Tes Swab HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 42 orang warga Nagari Puluik-puluik, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan yang pernah kontak dengan pasien positif covid-19 asal Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi menjalani .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]