Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, PKS: Keputusan Paling Aneh dalam Sejarah Perhajian


Selasa, 02 Juni 2020 - 12:31:06 WIB
Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, PKS: Keputusan Paling Aneh dalam Sejarah Perhajian Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis

HARIANHALUAN.COM - Keputusan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang tidak akan memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 menuai kritik. Pasalnya, keputusan itu dianggap sepihak, tanpa melibatkan Komisi VIII DPR sebagai mitra kerjanya.

"Ini keputusan paling aneh dalam sejarah perhajian Indonesia. Karena dalam rapat-rapat kita itu kan jadi tidaknya haji itu akan diputuskan bersama," ujar Anggota Komisi VIII DPR, Iskan Qolba Lubis dilansir dari SINDOnews, Selasa (2/6/2020). 

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan Pasal 46-47 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah menyebutkan bahwa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) diputuskan bersama DPR.

Kemudian, kata dia, Pasal 48 Undang-undang tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah menyebutkan bahwa keputusan DPR dengan pemerintah menjadi dasar presiden untuk membuat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelaksanaan ibadah haji. "Kalau umpamanya tidak jadi haji, logikanya kan Keppres ini harus diubah kan, dicabut," tandasnya.

Sehingga, kata dia, Komisi VIII DPR tidak bertanggung jawab atas keputusan Menag Fachrul Razi tersebut. "Nanti Menteri Agama dasar apa dia membuat mengusulkan ke presiden, karena Komisi VIII tidak bertanggung jawab. Kita tidak ikut memutuskan itu, logikanya itu aja sederhana," pungkasnya. (*)

 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 09:14:15 WIB

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI HARIANHALUAN.COM – Demi alasan keselamatan di tengah wabah Covid-19, Kerajaan Arab Saudi, pada Senin 22 Juni 2020, pukul 21.30 waktu setempat, memutuskan untuk menggelar ibadah haji 1441H/2020M hanya secara terbatas untuk W.
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 07:35:37 WIB

    Ibadah Haji Ditiadakan, Biaya Umrah pun Naik

    Ibadah Haji Ditiadakan, Biaya Umrah pun Naik HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi masih menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dan haji dari luar negaranya selama pandemi Corona (Covid-19). Jika umrah dibuka pada tahun 1442 hijriah, kemungkinan akan menerapk.
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 14:19:43 WIB

    Anies Izinkan Rumah Ibadah Dibuka, Tapi Tak Sepanjang Waktu

    Anies Izinkan Rumah Ibadah Dibuka, Tapi Tak Sepanjang Waktu HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswadan memastikan seluruh rumah ibadah bisa kembali dipergunakan secara umum mulai Jumat (5/6/2020) besok..
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 09:14:01 WIB

    Ibadah Haji Dibatalkan, Ini Cara Refund Dana untuk yang Lunas 

    Ibadah Haji Dibatalkan, Ini Cara Refund Dana untuk yang Lunas  HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk membatalkan haji pada tahun ini. Para calon jemaah terutama untuk calon jemaah haji khusus bisa membatalkan total pendaftaran hajinya atau menunda pelunasannya. Ketua Umum .
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 19:40:01 WIB

    Presiden Minta Pembukaan Tempat Ibadah dan Sekolah Diseleksi Ketat

    Presiden Minta Pembukaan Tempat Ibadah dan Sekolah Diseleksi Ketat HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembukaan untuk tempat ibadah, aktivitas ekonomi, sekolah, semuanya melalui tahapan-tahapan yang ketat dengan melihat angka-angka kurva dari R0 maupun dari R.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]