Cek Fakta: TKA China Menyusup, Bill Gates Ditangkap, Bimbim dan PKI


Selasa, 02 Juni 2020 - 13:00:42 WIB
Cek Fakta: TKA China Menyusup, Bill Gates Ditangkap, Bimbim dan PKI Bill Gates memakai blangkon

HARIANHALUAN.COM - Rumor-rumor tentang ragam sarana penularan virus corona tampak mulai berkurang di media sosial seiring makin banyaknya informasi yang sebenarnya yang diserap oleh masyarakat. Namun, konten-konten hoax beralih ke topik lain terutama yang berhubungan dengan dampak-dampak pandemi Covid-19.

Pendiri perusahaan peranti lunak Microsoft, Bill Gates, misalnya, dikabar ditangkap oleh polisi federal Amerika Serikat dengan tuduhan terlibat terorisme biologis setelah terungkap ia menciptakan coronavirus. Majelis Ulama Indonesia dikabarkan menerbitkan fatwa agar umat Islam di Tanah Air mewaspadai rapid test untuk mendeteksi penularan virus corona. 

Rumor lainnya tentang virus-virus, termasuk virus corona, yang disebut berasal dari China. Kabar yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarnnya itu seolah mengarahkan opini publik bahwa China merupakan negara asal banyak virus yang menyebabkan penyakit bagi manusia.

Namun, ada juga kabar yang tak berhubungan dengan topik pandemi Covid-19. Contohnya, pentolan grup band Slank, Bimbim, yang disebut mengucapkan selamat ulang tahun untuk Partai Komunis Indonesia (PKI). Rekam jejak Bimbim sebagai salah satu simpatisan Presiden Joko Widodo dimunculkan untuk menguatkan pesan bahwa Jokowi didukung oleh simpatisan PKI.

Dilansir dari VIVA.COM yang telah menelusuri dan mengkroscek rumor-rumor yang beredar selama sepeka lalu itu dan mengompilasinya dalam tujuh artikel. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Mahfud Md digantikan Ruhut Sitompul

Beredar unggahan yang mengklaim Ruhut Sitompul menggantikan Mahfud MD sebagai anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Foto berikut narasnya diunggah oleh akun Hanna Pertiwi pada 27 Mei 2020.

2. Pekerja China menyusup ke Indonesia

Sebuah akun Facebook bernama Lowo Ijo mengunggah video dengan klaim bahwa seorang tenaga kerja asing asal China tertangkap menyusup ke Indonesia melalui Bandara Banyuwangi, Jawa Timur. Pria yang disebut pekerja asal Tiongkok itu dikabarkan tepergok dan ditangkap oleh polisi.

3. Kabar duka tentang Mamah Dedeh

Beredar pesan berantai melalui Whatsapp yang mengklaim bahwa ustazah Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh meninggal dunia di Eka Hospital Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, pada 26 Mei 2020.

4. Bill Gates disebut terlibat terorisme

Beredar artikel dari situs Betootaadvocate.com yang mengunggah artikel berjudul "FBI Menangkap Bill Gates Karena Terorisme Biologis Setelah Memberi Tip dari Melbourne 5G Protestor". Artikel tersebut diunggah pada 11 Mei 2020.

5. Virus-virus asal China

Akun Facebook bernama Mark Alexander White pada 8 Maret 2020 mengunggah gambar yang diikuti narasi dengan klaim daftar beberapa virus yang berasal dari China. 

6. Bimbim Slank dan PKI

Sebuah akun Twitter bernama @CintaNKRI08 mengunggah video yang memperlihatkan penggebuk drum grup band Slank, Bimbim, mengucapkan selamat ulang tahun. Dalam narasi penyertanya akun itu mengaitkan video Bimbim dengan komunisme dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

7. Fatwa kontroversial MUI soal rapid test

Viral selebaran mengatasnamakan Majelis Ulama Indonesia yang meminta untuk berhati-hati dan waspada dengan rapid test untuk mendeteksi Covid-19 terhadap para ulama, kiai, dan ustaz di seluruh Indonesia. (*)
 

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]