Wow! Bakal Terjadi Perputaran Uang Rp60 Miliar di Solok Selatan


Selasa, 02 Juni 2020 - 18:21:21 WIB
Wow! Bakal Terjadi Perputaran Uang Rp60 Miliar di Solok Selatan Kantor Bupati Solok Selatan.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menaksir bakal terjadi perputaran keuangan di wilayah ini sekitar Rp60 miliar. Jumlah tersebut berasal dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari berbagai skema. Baik itu, sumber BLT dari Kemensos, Provinsi Sumbar, Kabupaten dan BLT dari anggaran Dana Desa (Nagari).
 
"Di luar bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sembako, diperkirakan terjadi perputaran uang dari berbagai skema BLT hingga Rp 60 Miliar," kata Plt. Bupati Solsel, Abdul Rahman pada Selasa (2/6/2020).

Uang sebanyak itu, kata Rahman diharapkan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penting dan mendesak. "Dan diharapkan dapat berputar sebagian besarnya di Solsel sehingga berdampak positif untuk perekonomian masyarakat. Beli beras dari pedagang lokal dan begitu juga untuk kebutuhan sembako lainnya, supaya uang itu masih berputar di kabupaten ini," bebernya.

Menurutnya, apabila uang tersebut berputar sebagian besarnya di Solsel tentu akan menggerakkan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Pihaknya, mengingatkan dalam rangka penanganan Covid-19 sebagian besar anggaran pembangunan sudah di geser untuk hal itu sehingga tidak ada lagi pembangunan. 

"Masyarakat kami imbau, semestinya bantuan ini digunakan untuk kepentingan kebutuhan yang mendesak dan penting, bukan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Maksudnya jangan belanjakan untuk kebutuhan yang tidak begitu penting dan tidak wajar," tambahnya.

Belanja konsumtif, kata Rahman seperti untuk membeli rokok, jalan- jalan dan belanja kebutuhan sekunder (kebutuhan tambahan) yang bersifat pelengkap. "BLT bukan itu tujuannya. Tapi lebih kepada usaha pemenuhan dan persiapan kebutuhan pokok masyarakat. Apalagi kita tidak tahu pasti kapan wabah ini berakhir,” tuturnya.

Sebelumnya, Kadis Sosial dan PMD Solsel, Zulkarnaini mengatakan bahwa dari semua skema bantuan yang disalurkan, sebanyak 84 persen masyarakat akan mendapatkan BLT dan bantuan lain. Meningkat dari perkiraan sebelumnya sebanyak 77 persen, dikarenakan adanya kenaikan alokasi anggaran BLT dari Dana Desa/Nagari. 

Total penerima bantuan tercatat hingga 41.749 KK, atau lebih kurang 84 persen dari jumlah total KK di Solsel (Total KK di Solsel 49.689 KK, data per Desember 2019). "Sebanyak 6.194 KK dari Dana Desa/Nagari, 6.206 KK dari Kemensos, 3.463 dari dana provinsi, 8.745 KK dari bantuan PKH dan Sembako, serta 17.141 KK bersumber dari APBD Kabupaten Solsel," katanya. (*)

Reporter : Jefli Bridge /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]