Wah! Ada Mantan Walikota Padang? Inilah Pasangan Bakal Cagub dan Cawagub Sumbar


Selasa, 02 Juni 2020 - 19:47:09 WIB
Wah! Ada Mantan Walikota Padang? Inilah Pasangan Bakal Cagub dan Cawagub Sumbar Ilustrasi/harianhaluan.com

HARIANHALUAN.COM – Pasca-ditetapkan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020, peta politik jelang Pemilihan Gubernur Sumbar (Pilgub) Sumatera Barat mulai menghangat. Lima pasangan bakal calon Gubernur dan wakil gubernur diprediksi siap maju di Pilkada serentak akhir tahun nanti.

Bahkan, terendus kabar yang mengejutkan. Fauzi Bahar, mantan walikota Padang dua periode itu maju kembali di Pilkada Sumbar Desember nanti. Pada Pilgub Sumbar 2016 lalu, Fauzi Bahar juga maju sebagai Calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Alm. Muslim Kasim.

Lima calon yang diprediksi maju di Pilgub Sumbar nanti yaitu, pertama Fakhrizal berpasangan dengan Genius Umar. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ini cukup kuat karena Fakhrizal mendapat tempat di hati masyarakat saat menjabat Kapolda Sumatera Barat, kemudian Genius Umar sebagai Walikota Pariaman aktif yang juga cukup sukses membangun Kota Tabuik tersebut.

Kedua, Nasrul Abit berpasangan dengan Indra Catri. Wakil Gubernur aktif bersama Bupati Agam aktif itu sudah 'memberitahukan' lewat baliho sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Ketiga, Mahyeldi berpasangan dengan kader muda PPP, Audy Joinaldy. Mahyeldi sebagai Walikota Padang aktif saat ini juga disebut sebagai kandidat kuat penerus kursi nomor 1 Rumah Bagonjong Sudirman. Berpasangan dengan Audy yang merupakan entrepeneur yang sukses sebagai pengusaha di Jakarta dan beberapa daerah di tanah air dinilai menjadi pasangan paling ideal.

Keempat, Mulyadi. Politisi senior Partai Demokrat juga Calon Gubernur yang memiliki kans besar menang di Sumbar. Dengan modal sebagai peraih suara terbanyak saat maju menuju kursi DPR RI di Pemilu 2019 lalu, Mulyadi yang terakhir terendus kabar berpasangan dengan Ketua DPD Partai Golkar Sumbar, Khairunnas itu bahkan disebut calon paling kuat di Pilgub nanti.

“Yang pasti sekarang saya siap maju sebagai Calon Gubernur Sumbar. Soal pasangan calon wakil gubernur, kita survei dulu,” ujar Mulyadi saat dikonfirmasi harianhaluan.com beberapa waktu lalu.

Kelima, inilah pasangan bakal calon yang mengejutkan. Riza Falepi yang dikabarkan urung maju di Pilgub Sumbar disebut-sebut berniat maju kembali. 
Yang mengejutkan lagi, dia berpasangan dengan Fauzi Bahar. Namun siapa yang bakal calon gubernur dan wakil gubernur belum diketahui, karena belum ada keterangan resmi dari kedua bakal calon tersebut.

Riza Falepi yang saat ini menjabat sebagai Walikota Payakumbuh itu tidak menampik rencana maju di Pilgub Sumbar tersebut “Rencana dengan Bapak Fauzi Bahar baru penjajakan. Kita liat nanti perkembanganya," ujar Riza Falepi kepada harianhaluan.com, Selasa (2/6/2020).

Sementara itu, Fauzi Bahar tersenyum saat disinggung maju kembali di Pilgub Sumbar. “Doain ya...!,” ujar Fauzi Bahar singkat saat dikonfirmasi harianhaluan.com, Selasa (2/6/2020). (*) 

 

Reporter : Milna Miana /  Editor : David Rm Bungsu
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 07 Desember 2019 - 08:50:53 WIB

    Wah! Banyak Partai Kapok dengan Pemilu Serentak

    Wah! Banyak Partai Kapok dengan Pemilu Serentak JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Mayoritas parpol setuju  bakal merevisi UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Mereka kapok dengan pemilihan legislatif dan presiden yang digelar serentak seperti pada Pemilu 2019..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]