Positif Covid-19, Napi dari Sijunjung Sempat Terlantar di RSUD Rasyidin Padang


Rabu, 03 Juni 2020 - 00:23:27 WIB
Positif Covid-19, Napi dari Sijunjung Sempat Terlantar di RSUD Rasyidin Padang Petugas menggunakan APD saat menerima napi positif Covid-19 dari Lapas Sijunjung. (Agoes Embun)

HARIANHALUAN.COM - Seorang narapidana (napi) dari Lapas Sijunjung yang dinyatakan positif Covid-19 dirawat di RSUD Rasyidin Padang, Selasa (2/6/2020). Namun, napi ini sempat terlantar dan ditolak karena pihak rumah sakit belum mendapatkan jaminan keamanan dari pihak terkait terhadap napi tersebut. 

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, napi tersebut diketahui mendatangi RSUD Rasyidin bersama dengan petugas Lapas Sijunjung pada Selasa pagi. Tapi, karena tidak ada jaminan keamanan, pihak rumah sakit menolak napi tersebut. Mereka beranggapan, ada potensi napi tersebut melarikan diri jika tak ada pengawalan ketat. 

Menanggapi hal itu, Kepala Divisi Permasyarakatan (Kadiv Pas) Kanwil Kemenkumham Sumbar, Budi Argap Situngkir saat ditemui di RSUD Rasyidin, Selasa malam mengatakan, saat ini, napi tersebut sudah diperbolehkan masuk dan menjalani perawatan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19. 

"Tadi memang sempat tertahan sebentar karena pihak rumah sakit takut napi ini kabur. Makanya, setelah kita datangkan petugas dari Kemenkumham dan Lapas untuk berjaga, baru pihak rumah sakit membolehkan. Hanya mis komunikasi sedikit saja," kata Budi. 

Ditambahkannya, narapidana yang terjerat dengan kasus pencurian ini dinyatakan positif setelah tes swab yang dilakukan di Lapas tersebut. Sebab, sebelumnya ada 8 petugas Lapas Sijunjung yang terkonfirmasi positif. "Napi ini adalah hasil tracking dari 8 petugas tersebut. Kenapa di Padang? Untuk menghindari penularan kepada napi yang lain disana," jelas Budi. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]