Wah! Ada Tato Peta Indonesia di Tangan Pria Pendemo di AS, Asal-usul Pelaku Terkuak


Rabu, 03 Juni 2020 - 09:57:05 WIB
Wah! Ada Tato Peta Indonesia di Tangan Pria Pendemo di AS, Asal-usul Pelaku Terkuak Salah satu foto pendemo memprotes kematian George Floyd di Amerika Serikat (AS) viral lantaran di tangan kanannya terdapat tato bergambar pulau di Indonesia.

HARIANHALUAN.COM – Salah satu foto pendemo memprotes kematian George Floyd di Amerika Serikat (AS) viral lantaran di tangan kanannya terdapat tato bergambar pulau di Indonesia. Dalam foto yang viral, pendemo itu tampak ikut melemparkan sesuatu ke arah pertokoan tempat kerusuhan di Philadelpia.

Pria dalam foto tersebut adalah Rainey Arthur Backues. Ia merupakan anak angkat Lydell Dean Backues warga negara AS yang pernah lama tinggal Indonesia, persisnya di Bandung dan Tasikmalaya. Saat masih tinggal di Indonesia, Lydell mengadopsi bayi Rainey dari panti asuhan yatim piatu di Jakarta.  

"Tahun 2007 kami hijrah ke AS, jadi kami kembali ke Philadelphia. Sebelum kembali ke sana (AS), dia (Rainey) sudah naturalisasi, jadi dia warga negara Amerika," kata Lydell kepada tvOne, Rabu, 3 Juni 2020.

Saat ini, Rainey berusia 20 tahun dan tinggal bersama keluarga besar Lydell di Philadelphia. 

Lydell mengatakan awal mula anaknya terlibat dalam aksi kerusuhan protes kematian pria kulit hitam George Floyd, karena sebuah ajakan pendemo. Menurut Lydell, Rainey turun ke aksi tersebut karena hobi fotografinya. Awalnya memang tidak ingin ikut-ikutan aksi, karena memang cuma ingin mengambil foto kerusuhan.

"Tapi ada yang bujuk dia, ada yang bilang 'hi ayo turun apa yang kau lihat'. Akhirnya dia terbawa arus dua kali lempar, dia bilang ada barang di toko yang diambil dijarah orang tercecer, dia ambil lalu kefoto, tapi dia enggak ambil, saya tahu dia tidak bawa apa-apa waktu pulang," ujarnya.

Lydell memaklumi darah muda Rainey yang membuatnya mudah terbujuk ajakan untuk ikut aksi demonstrasi George Loyd. Kulitnya yang kecoklatan agak hitam membangunkan solidaritasnya untuk peduli terhadap warga kulit hitam di AS yang tertindas.

"Dia orang Indonesia sudah 12 tahun tinggal di Philadephia, emang ada rasisime disini terhadap orang kulit hitam. Anak saya dia orang Jawa etnisnya warna kulitnya coklat agak hitam mungkin itu terpendam dalam hatinya, dia juga punya banyak teman Afrika-Amerika," terang Lydell.

Sementara soal asal usul tato peta Indonesia di tangan kanan Rainey, Lydell menganggap hal itu sangat wajar. Rainey adalah orang asli Indonesia, keluarganya orang Indonesia, darah Indonesia sangat mengakar kepada dirinya. 

"Dua tahun lalu dia ingin bangkitkan kembali indetitas dia, saya tidak anjurkan dia bikin sendiri (tato Indonesia)," ungkap Lydell.

Meski demikian, Lydell memastikan dengan beredarnya foto anaknya bertato Indonesia yang terlibat kerusuhan bukan bermaksud ingin mencemarkan Indonesia. Tatonya sendiri dia buat dua tahun lalu agar bisa lebih dekat dengan Indonesia.

"Kalau ada kesalahan anak saya, saya minta maaf secara batin dan lahir, tapi tatonya bukan masalah, dia anak baik, dia mencintai Indonesia, maksudnya dengan tato itu dia pegang identitas Indonesianya," kata Lydell.

Untuk diketahui, aksi demonstrasi yang terjadi di berbagai daerah di Amerika Serikat selama sepekan ini merupakan buntut dari kematian George Floyd pada 25 Mei lalu. Floyd meninggal setelah Derek Chauvin, petugas Kepolisian Minesotta yang mencekik Flyod dengan lututnya. Hingga beberapa menit kemudian Floyd perlahan berhenti berbicara dan bergerak.

Kejadian awal bermula saat Floyd berbelanja di sebuah toko di Minesotta. Kala itu, penjaga toko menghubungi petugas kepolisian lantaran mengaku bahwa Floyd membayar dengan uang palsu. Dari sanalah awal mula terjadinya insiden kematian George Floyd.(*) 

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Mei 2020 - 20:27:32 WIB

    Wah! Donald Trump Larang Pelancong dari Brasil ke Amerika Serikat

    Wah! Donald Trump Larang Pelancong dari Brasil ke Amerika Serikat HARIANHALUAN.COM -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengaku berupaya maksimal mencegah masuknya virus Corona Covid-19 dari luar negeri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mencegah pelancong dari Brasil untuk masuk .
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 07:18:22 WIB

    Wah! Jeff Bezos Bersiap Jadi Triliuner Pertama di Dunia

    Wah! Jeff Bezos Bersiap Jadi Triliuner Pertama di Dunia HarianHaluan.com - Daftar pengusaha yang mungkin dinobatkan menjadi triliuner selama masa hidup mereka, kini telah bertambah dengan munculnya nama pendiri Facebook Mark Zuckerberg, pendiri Alibaba Group Jack Ma, salah satu pe.
  • Senin, 04 Mei 2020 - 18:11:16 WIB

    Wah! Masjid Ini 'Dibelah' untuk Umat Muslim & Kristen

    Wah! Masjid Ini 'Dibelah' untuk Umat Muslim & Kristen JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Masjid Agung Cordoba - atau yang dalam sejarah disebut Masjid-Katedral Cordoba (Mosque-Cathedral of Córdoba), adalah bangunan sarat sejarah bagi dua agama dan budaya yang membentuk Andalusia: Isla.
  • Rabu, 22 April 2020 - 15:08:59 WIB

    Wah! 9 Lembaga Donor Ini Siap Bantu Media dan Jurnalis saat Covid-19

    Wah! 9 Lembaga Donor Ini Siap Bantu Media dan Jurnalis saat Covid-19 INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus corona tidak hanya terkait isu kesehatan, namun telah menyeret ke krisis ekonomi secara global. Semua sektor perekonomian terkena imbas, termasuk media massa yang menjadi sumber .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]