Bagaimana Dampaknya Olahraga Pakai Masker? Ini Kata dr. Michael


Rabu, 03 Juni 2020 - 12:01:28 WIB
Bagaimana Dampaknya Olahraga Pakai Masker? Ini Kata dr. Michael Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Michael Triangto, SpKO. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Akhir-akhir ini beredar video yang memberitakan tentang bahaya berolahraga dengan menggunakan masker. Viralnya berita tersebut membuat banyak pecinta olahraga menjadi panik dan berusaha mencari penjelasan yang benar dari berita tersebut. Menjawab kekhawatiran itu, Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Michael Triangto, SpKO mencoba meluruskan bagaimana faktanya sebenarnya.

Dr. Michael memaparkan, hal pertama yang harus dijelaskan adalah peraturan pemerintah tentang PSBB yang mengharuskan menggunakan masker saat berada di luar rumah, dengan demikian alasannya jika berada di luar rumah, sebagai warga wajib untuk menggunakan masker termasuk saat berolahraga.

"Masalahnya adalah dengan menggunakan masker kita akan merasakan nafas menjadi kurang lega, sesak, tidak nyaman dan hal itu tentunya wajar karena tujuan utama dari penggunaannya adalah untuk melindungi pemakainya dari kemungkinan terinfeksi virus dan melindungi orang lain dari kemungkinan kita menginfeksi mereka, terutama bila kita sedang tidak sehat," ujar dr. Michael dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Rabu (3/6/2020).

Bila masker digunakan saat berolahraga, kata dr. Michael, dapat dimengerti bila ada yang merasakan sesak terutama pada olahraga berintensitas berat. Hal ini sesuai dengan narasi yang ada di dalam video tersebut dimana dikatakan korban menjadi sulit bernafas, dengan demikian hal tersebut adalah wajar.

"Hal yang tidak wajar adalah mengapa yang bersangkutan harus berolahraga berat," ucap dr. Michael.

Sebelum berolahraga, dr. Michael mengingatkan agar setiap individu sebaiknya mengetahui dengan jelas tujuan dari kegiatannya itu dan bila tujuannya untuk sehat tentunya yang bersangkutan hanya boleh melakukan olahraganya berintensitas ringan sampai sedang saja. Sehingga tidak akan terganggu dengan penggunaan masker sesuai dengan peraturan PSBB tadi.

Untuk yang ingin tetap berolahraga berat tentunya tidak akan dapat dilarang, dengan demikian boleh tetap dilakukan olahraganya. Namun dianjurkan dilakukan di dalam rumah sehingga tidak akan terkena kewajiban menggunakan masker dan kemungkinan untuk terinfeksi maupun menginfeksi dari dan ke orang lain.

"Yang perlu dipahami benar adalah olahraga berintensitas berat hanya diperuntukkan bagi atlet yang mau bertanding sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka," pesan dr. Michael. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]