Bahaya! Hampir 70% Pasien Covid-19 di Mimika OTG


Rabu, 03 Juni 2020 - 14:37:22 WIB
Bahaya! Hampir 70% Pasien Covid-19 di Mimika OTG Ist

HARIANHALUAN.COM -- Jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Mimika, Papua, mencapai 279 kasus hingga Rabu (3/6/2020) pagi. Dari 279 kasus, hampir 70 persen pasien merupakan orang tanpa gejala atau OTG.

Juru bicara Covid-19 Mimika Reynold Ubra mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dengan kondisi ini. Sebab, saat ini, sudah tidak diketahui lagi apakah seseorang itu terinfeksi virus corona atau tidak.

Menurut Reynold, dari 279 kasus positif hampir 80 persen didominasi pasien laki-laki. Hal ini bisa disebabkan karena penduduk laki-laki yang lebih tinggi melakukan pergerakan, dan berpeluang kontak dengan kasus-kasus positif.

Terutama, kasus positif yang ditemukan pada orang tanpa gejala.

"Ini memberikan makna, bahwa kondisi di Mimika saat ini kita sudah tidak bisa untuk mengetahui lagi, apakah seseorang itu terinfeksi atau tidak," kata Reynold, di Timika, dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Reynold pun mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat virus ini juga sudah menyebar ke 7 distrik. Bahkan, penyebaran virus corona juga kini menyasar hingga ke anak-anak.

Reynold merincikan, ada 6 kasus dengan kelompok usia kurang dari 10 tahun, yang termuda bayi berusia 6 bulan.

Kemudian, 8 kasus dengan usia 10 hingga 19 tahun, 190 kasus dengan usia 20 hingga 49 tahun, dan 65 kasus dengan usia 50 tahun ke atas.

"Virus ini tidak melihat kelompok usia, suku dan agama. Semua orang punya risiko untuk tertular, apalagi mereka yang saat ini berada di luar rumah dan kemudian melakukan kontak," ujar Reynold. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 14:08:42 WIB

    Vaper Indonesia Tantang Pemerintah: Buktikan Vape Berbahaya!

    Vaper Indonesia Tantang Pemerintah: Buktikan Vape Berbahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Munculnya kasus terkait cairan atau liquid vape yang diduga mengandung narkoba semakin membuat vape atau rokok elektrik dipandang negatif. Kasus yang sempat menyandung artis Vicky Nitinegoro ini di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]