Isu Politik Jelang Pilkada Tanah Datar Kembali Hangat


Rabu, 03 Juni 2020 - 15:09:43 WIB
Isu Politik Jelang Pilkada Tanah Datar Kembali Hangat Indra Gunalan.

HARIANHALUAN.COM -- Meski pandemi Covid-19 saat ini tengah berlangsung, namun isu politik menjelang pemilihan kepala daerah Kabupaten Tanah Datar mulai kembali hangat, masing-masing bakal calon mulai memaksimalkan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat.

Diantaranya dengan tim pemenangan, tokoh masyarakat dan pimpinan parpol calon partai pengusung serta mengancangan-ancang calon pasangannya dan bahkan juga memulai pemasangan baliho.

Baru-baru ini pun ada yang mengapung nama balon kepala daerah mantan birokrat Provinsi Sumatra Barat Syafruddin, disebut-sebut ia akan maju untuk calon bupati. Lalu Daryanto Sabir juga tampak telah memasang baliho ucapan selamat Idul Fitri di seluhu kecamatan se Tanah Datar.

Untuk balon Indra Gunalan, yang menjadi salah satu kandidat balon bupati Tanah Datar juga tidak ketinggalan dalam memainkan perannya. Ia siap berkompetisi dalam pilkada Tanah Datar periode mendatang.

"Dalam segala hal saya siap, demi menghadapi dan mencapai harapan baru untuk perubahan Tanah Datar, menuju pembukaan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) untuk kemakmuran masyarakat Tanah Datar berlandaskan adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah (ABS-SBK)," kata Indra Gunalan kepada HarianHaluan.com, Rabu (3/6).

Dikatakan Wali Nagari Tigo Jangko, Lintau, dua periode itu, misinya juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, pertanian dan peternakan, menciptakan pemerintahan bersih dan melayani.

"Saya ingin membuka lapangan kerja untuk 10 ribu tenaga kerja baru di Tanah Datar, melahirkan siswa berprestasi. Tanah Datar juga kaya dengan sumber daya alam, seperti batubara, gas dan emas. Meski demikian, seluruh potensi alam itu belum terkelola secara maksimal karena terkendala Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Kita ingin nantinya memberikan kontribusi PAD Tanah Datar dalam jumlah fantastis pertahunnya," ujar putra kelahiran 12 Juli 1971 itu.

Untuk mendukung eksploitasi potensi SDA itu, katanya, mesti dilakukan perubahan RTRW Tanah Datar. "Kini RTRW belum mendukung untuk itu, nanti kita akan kelola, namun tidak menghadirkan investasi asing, putra daerah kita sendiri yang mengelolanya. Jika ini berjalan sukses, pencapaian PAD hingga Rp.1 triliun bisa kita capai, saya sangat optimis, bukan tidak mungkin," ujar Indra Gunalan dengan penuh keyakinan.

Dalam pogram prioritas, diantaranya menuntaskan persoalan-persoalan yang dihadapi daerah dan masyarakat saat ini, seperti bidang pendidikan, masih rendahnya kualitas dan mutu pendidikan saat ini, tidak meratanya sarana dan prasarana pendidikan.

Ia juga menilai, di Tanah Datar terjadi kekurangan tenaga pengajar terutama di daerah terpencil. Pada bidang kesehatan, IG bertekat mewujudkan pemerataan, sarana prasarana dan peningkatan SDM tenaga kesehatan itu sendiri.

Ditanya tentang calon pasangannya, Indra Gunalan menyebutkan bahwa kemungkinan dengan siapa saja bisa berjodoh.

"Meskipun belakangan ini kita santer diperbincangkan akan berpasangan dengan Wahyu Iramana Putra, itu bisa jadi. Tetapi nanti tentu partai yang akan lebih dominan menyandingkan kita dengan siapa," katanya. (*)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]