Warning untuk Pemerintah: Jangan Sampai Ebola Masuk Indonesia


Rabu, 03 Juni 2020 - 15:37:54 WIB
Warning untuk Pemerintah: Jangan Sampai Ebola Masuk Indonesia ilustrasi (stutterstock)

HARIANHALUAN.COM -- Virus ebola kembali mewabah di Republik Kongo. Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah untuk waspada jangan sampai virus yang berasal dari hewan liar itu masuk ke Indonesia.

"Pemerintah diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terkait berkembangnya wabah ebola di Kongo," kata Saleh dikutip dari Okezone, Rabu (3/6/2020).

Sejak ditemukan pertama kali pada 1976, virus ebola berkembang di Afrika. Virus ini bisa masuk ke tubuh manusia melalui kontak cairan tubuh seperti darah, kotoran, muntah seseorang yang terinfeksi atau meninggal karena ebola. Bisa juga tertular lewat kontak langsung dengan benda yang terkontaminasi cairan tubuh pengidap ebola.

Saleh meminta pemerintah jangan menyepelekan ebola. Pemerintah diminta belajar dari kasus Covid-19 yang semula diremehkan karena kemunculannya di Kota Wuhan, China, jauh dari Indonesia.

Namun, ternyata virus corona sangat cepat menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia yang semula para pejabatnya begitu percaya diri menyebutkan negara ini bebas corona sehingga minim melakukan antisipasi, dan baru sibuk membuat langkah penanganan ketika kasusnya ditemukan dan meningkat tajam dalam waktu singkat.

“Sama seperti corona. Awalnya di Wuhan saja. Tetapi perkembangannya cukup cepat. Tidak sampai sebulan sudah menjangkiti ratusan negara. Kejadian seperti itu harus diantisipasi sedini mungkin," tutur Saleh.

Meski ebola belum pernah ditemukan di Indonesia, Saleh meminta, pemerintah tetap membuat antisipasi salah satunya memperingatkan WNI di Afrika terus waspada, menjauh dari daerah wabah, meningkatkan ketahanan tubuh.

Memberikan travel advise atau imbauan bagi warga Indonesia yang hendak berkunjung ke Afrika. Kemudian mewaspadai semua orang yang masuk ke Indonesia, terutama dari Afrika.

"Pemerintah juga perlu mewaspadai WNA asal Afrika yang masuk ke Indonesia. Selain mencegah Covid-19, kewaspadaan itu juga dimaksudkan untuk mencegah masuknya ebola ke Indonesia. Tindakan pencegahan jauh lebih baik dari pengobatan," tandasnya.

“Ini antisipasi agar virus ini tidak menular di Indonesia. Cara paling mudah, ya menghindari kontak langsung dengan orang yang terpapar,” tambah politikus PAN.

Menurut Saleh, pemerintah sebaiknya juga mengecek langsung untuk mendeteksi ebola di Indonesia, tapi tetap jangan sampai mengganggu dalam penanganan melawan Covid-19. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 11:39:28 WIB

    Di Depan Anies Cs, Jokowi Beri Warning Khusus Soal APBD!

    Di Depan Anies Cs, Jokowi Beri Warning Khusus Soal APBD! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Investasi 2020 di Grand Ballroom Ritz Carlton..
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 15:51:55 WIB

    Waahhh..! Petinggi Sunda Empire 'Warning' Ridwan Kamil hingga Presiden Jokowi

    Waahhh..! Petinggi Sunda Empire 'Warning' Ridwan Kamil hingga Presiden Jokowi BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menyindir kemunculan kerajaan baru atau kelompok lainnya seperti Sunda Empire-Earth Empire gegara banyak orang stres. Petinggi Sunda Empire Rangga Sasana ali.
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 21:15:42 WIB

    Prittt...Anak Buah Prabowo Kena Warning Jokowi

    Prittt...Anak Buah Prabowo Kena Warning Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, mengatakan pihaknya tengah meramu kebijakan ekspor benih lobster agar para nelayan dapat hidup sejahtera. Ia mengaku hal tersebut juga telah dikomunika.
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 20:27:31 WIB

    Warning SBY untuk Jokowi dalam Pidato Akhir Tahun

    Warning SBY untuk Jokowi dalam Pidato Akhir Tahun JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato refleksi pergantian tahun 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (11/12/2019) malam. Dalam pidato berjudul "Indonesia 2020: Peluang, .
  • Senin, 25 November 2019 - 16:36:49 WIB

    PT Global Persada Warning Produsen Peniru Lampu Led Miliknya

    PT Global Persada Warning Produsen Peniru Lampu Led Miliknya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Global Persada Internusa selaku pemegang desain industri lampu led resmi di Indonesia memberikan peringatan keras kepada produsen lampu led yang telah meniru produknya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]