Jelang New Normal di Solsel, Ketua DPRD Minta Pemkab Gencar Gelar Simulasi di Ruang Publik


Rabu, 03 Juni 2020 - 20:12:53 WIB
Jelang New Normal di Solsel, Ketua DPRD Minta Pemkab Gencar Gelar Simulasi di Ruang Publik Zigo Rolanda

HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) Zigo Rolanda menyampaikan beberapa pendapat terkait wacana penerapan New Normal di kabupaten ini pada 8 Juni 2020.

"Sesuai hasil rapat Video Confrence (Vidcon) bersama gubernur hari ini, dalam rangka penetapan rencana penerapan New Normal. Kabupaten Solsel ikut mendukung penerapan tersebut. Dimana, Vidcon ini diikuti Pemprov Sumbar bersama Bupati/Walikota dan Forkompinda se-Sumbar," ucap Zigo pada Harianhaluan.com, Rabu (3/6/2020).

Zigo menyampaikan, jelang menghadapi tatanan kehidupan baru, produktif dan aman Covid-19 (New Normal) pihaknya mengajak Pemkab Solsel secara bersama melakukan simulasi diruang publik, perihal kepatuhan terhadap protokol Covid-19.

Simulasi diruang publik, kata Zigo sangat penting sebelum penerapan nanti, supaya masyarakat memahami dan mengikuti protokol tersebut.

Zigo mencontohkan, simulasi dilakukan di perkantoran, pasar, rumah sakit, tempat wisata dan ruang publik lainnya.

"Jika kita telah memilih untuk New Normal maka kita semua harus patuh dan mengikuti semua protokol Covid-19, baik dilingkungan kerja dan tempat umum lainnya," sebutnya.

Kemudian, pihaknya juga menegaskan pentingnya setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi contoh penerapan protokol Covid-19 ditengah masyarakat.

Bahkan, imbuhnya tidak hanya ASN tetapi semua aparatur yang bekerja di pemerintahan kabupaten, kecamatan, nagari, jorong dan Tenaga Kontrak Daerah (TKD). 

"Semuanya harus memberikan contoh yang baik dan mempunyai tanggungjawab untuk mensosialisasikan dan penerapan ini kepada masyarakat," katanya.

Untuk itu, jelas Zigo semua harus bekerja bersama karena kesuksesan new normal ini tergantung pada perilaku kehidupan masing-masing elemen Pemerintah dan masyarakat.

"ASN dan semua elemen pemerintahan seharusnya selalu memakai masker dan memberikan contoh kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan masker pada saat sekarang ini. Pada saat ini, masih ada kedapatan ASN dalam tugasnya tidak menggunakan masker. Hal tersebut, sangat disayangkan dan harus ditindak," tegasnya.

Kedepan, imbuhnya bakal diberikan sanksi atau denda terhadap ASN yang tidak menggunakan masker saat bertugas.

"Hal ini diperlukan karena untuk mengajak masyarakat kita patuh tentu harus dimulai dari diri sendiri, dalam hal ini pegawai pemerintahan/ASN," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]