Ibadah Haji Dibatalkan, Ini Cara Refund Dana untuk yang Lunas 


Kamis, 04 Juni 2020 - 09:14:01 WIB
Ibadah Haji Dibatalkan, Ini Cara Refund Dana untuk yang Lunas  ilustrasi ibadah haji

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk membatalkan haji pada tahun ini. Para calon jemaah terutama untuk calon jemaah haji khusus bisa membatalkan total pendaftaran hajinya atau menunda pelunasannya. Ketua Umum Serikat Penyelenggaraan Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi mengimbau agar calon jemaah haji khusus ini tidak membatalkan hajinya. 

Sebab, jika dibatalkan maka tidak mendapat prioritas keberangkatan haji pada tahun berikutnya. "Betul jika dibatalkan total uangnya nggak dapat kesempatan tahun berikutnya, jika hanya pelunasannya masih ada prioritas berangkat tahun berikutnya," katanya, Rabu kemarin (3/6/2020). 

Namun, jika calon jemaah masih bersikeras untuk membatalkan, ada sejumlah syarat dan tahapan yang mesti dilalui. Pertama, calon jemaah mengajukan ke Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dengan surat pernyataannya. Kemudian, calon jemaah juga mesti membawa dokumen yakni fotocopy kartu keluarga (KK), KTP, surat nikah jika bersuami atau istri, dan rekening dalam bentuk dolar Amerika Serikat (US$) atau rupiah.

Kedua, PIHK akan mengirim surat permohonan ke Kementerian Agama untuk dibuatkan surat keterangan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) agar mencairkan dana pembatalan dari calon jemaah haji ke PIHK. "PIHK mengirim surat permohonan ke Kemenag untuk dibuatkan surat keterangan kepada BPKH agar dibayarkan pembayaran refund-nya ke PIHK," ujarnya.

Ketiga, setelah uang masuk maka PIHK akan mengirimkan uang ke jemaah setelah dipotong biaya-biaya yang diperlukan. Dia menuturkan, pemotongan itu variatif dari masing-masing PIKH dengan minimum US$ 300. "Pemotongan tergantung berapa besar biaya yang sudah dikeluarkan oleh PIHK masing, paling rendah US$ 300/orang," ujarnya.

Ia mengatakan, proses pengembalian dana ke calon nasabah ini ialah 7 hari kerja. "Peraturannya 7 hari kerja," ungkapnya. 

Dia menambahkan, untuk calon jemaah haji reguler pengurusannya dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama masing-masing provinsi. "Bisa (dibatalkan) tapi melalui Kanwil Kemenag di provinsi masing-masing," ujarnya.

Meski bisa dibatalkan, calon jemaah haji sebaiknya tidak buru-buru. Sebab, pembatalan ini ada risikonya. Calon nasabah yang membatalkan hajinya bisa kehilangan kesempatan atau tidak mendapat prioritas untuk keberangkatan haji pada tahun depan. "Pada dasarnya bahwa apabila memang jemaah ingin membatalkan diri secara total artinya mereka tidak punya kesempatan di tahun yang akan datang atau memasuki prioritas di tahun berikutnya," katanya.

Ia pun mengimbau agar calon jemaah lebih baik menunda saja, tidak membatalkan. Itu juga untuk menghindari biaya administrasi atau biaya yang ditimbulkan karena pembatalan tersebut. "Kami mohon kepada jemaah untuk tidak membatalkan tapi menunda saja untuk tahun depan supaya tidak terkena administrasi atau biaya-biaya yang timbul dari pembatalan," ungkapnya. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 09:14:15 WIB

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI HARIANHALUAN.COM – Demi alasan keselamatan di tengah wabah Covid-19, Kerajaan Arab Saudi, pada Senin 22 Juni 2020, pukul 21.30 waktu setempat, memutuskan untuk menggelar ibadah haji 1441H/2020M hanya secara terbatas untuk W.
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 07:35:37 WIB

    Ibadah Haji Ditiadakan, Biaya Umrah pun Naik

    Ibadah Haji Ditiadakan, Biaya Umrah pun Naik HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi masih menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dan haji dari luar negaranya selama pandemi Corona (Covid-19). Jika umrah dibuka pada tahun 1442 hijriah, kemungkinan akan menerapk.
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 14:19:43 WIB

    Anies Izinkan Rumah Ibadah Dibuka, Tapi Tak Sepanjang Waktu

    Anies Izinkan Rumah Ibadah Dibuka, Tapi Tak Sepanjang Waktu HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswadan memastikan seluruh rumah ibadah bisa kembali dipergunakan secara umum mulai Jumat (5/6/2020) besok..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 19:40:01 WIB

    Presiden Minta Pembukaan Tempat Ibadah dan Sekolah Diseleksi Ketat

    Presiden Minta Pembukaan Tempat Ibadah dan Sekolah Diseleksi Ketat HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembukaan untuk tempat ibadah, aktivitas ekonomi, sekolah, semuanya melalui tahapan-tahapan yang ketat dengan melihat angka-angka kurva dari R0 maupun dari R.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 12:43:29 WIB

    Begini Dampaknya Saat Ibadah Haji 2020 Ditiadakan

    Begini Dampaknya Saat Ibadah Haji 2020 Ditiadakan HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 Hijriah atau 2020 Masehi. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi dalam telekonferensi, Selasa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]