Jika Ditemukan Lonjakan Kasus Covid-19 Pada Masa Transisi, Anies Akan Hentikan Kegiatan Sosial Ekonomi


Kamis, 04 Juni 2020 - 14:03:50 WIB
Jika Ditemukan Lonjakan Kasus Covid-19 Pada Masa Transisi, Anies Akan Hentikan Kegiatan Sosial Ekonomi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama masa transisi guna menghindari lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Oleh karena itu, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube Pemprov DKI Jakarta pada Kamis (4/6/2020), Anies mengimbau seluruh pelaku usaha sosial ekonomi harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan menghindari kerumunan. 

"Kita masuk masa transisi, jangan ini berulang. Jangan sampai kita kembali lagi, bila kita tidak displin, bila pusat perbelanjaan dibuka secara bebas tanpa protokol kesehatan, bila restoran dibuat penuh karena ingin mengejar keuntungan, bila perkantoran memaksakan semua orang masuk secara bersamaan karena mengejar target, bila ibadah massal dilakukan secara masif, terjadi kerumunan tanpa jarak aman," kata Anies. 
 
"Maka konsekuensinya kita bisa menyaksikan lonjakan kasus, seakan kita kembali ke bulan-bulan sebelumnya," lanjutnya. 
Anies menegaskan, Pemprov DKI tidak segan menghentikan semua kegiatan sosial ekonomi di wilayah DKI Jakarta apabila ditemukan lonjakan kasus Covid-19. Pasalnya, berdasarkan riset yang dilakukan pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, DKI Jakarta sudah masuk zona hijau Covid-19. 

"Bila itu sampai terjadi, maka Pemprov DKI Jakarta tidak akan ragu, tidak akan menunda untuk menggunakan kewenangannya untuk menghentikan kegiatan sosial ekonomi dalam masa transisi ini," tegas Anies. 

Untuk diketahui, Anies memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB di Ibu Kota. PSBB diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditentukan. Di satu sisi PSBB kali ini disebut sebagai masa transisi. 

"Kami di gugus tugas memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI diperpanjang. Dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi," ujar Anies. (*)

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 14:33:38 WIB

    Didesak Minta Maaf, Denny Siregar: Jika Santri Tersinggung Saya Pasti Minta Maaf

    Didesak Minta Maaf, Denny Siregar: Jika Santri Tersinggung Saya Pasti Minta Maaf HARIANHALUAN.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar mendapat sejumlah kritik dan nasihat dari berbagai kalangan terkait unggahan 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang' yang di posting di akun Facebook-nya. Denny bahkan dide.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 21:15:16 WIB

    Tukin PNS Terancam Ditunda Jika Instansi Tak Pangkas Eselon

    Tukin PNS Terancam Ditunda Jika Instansi Tak Pangkas Eselon HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merealisasikan penyederhanaan birokrasi di instansi-instansi pemerintah pada tahun ini. Bentuk penyederhanaan ini dengan cara mem.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:50:59 WIB

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten HARIANHALUAN.COM - Pengamat Energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menilai bahwa pemerintah tidak konsisten dalam penerapan bahan bakar minyak (BBM) yang berkualitas pada masyarakat. Hal itu ditandai dengan perub.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:45:50 WIB

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024 HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut memberikan komentar terhadap hasil survei yang digelar oleh Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang menyebut menyebut Prabowo Subianto masih berpeluang besar m.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 07:55:09 WIB

    Mentan Siap Mundur Jika Target Tak Tercapai

    Mentan Siap Mundur Jika Target Tak Tercapai HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tak akan menurunkan target produksi pangan strategis tahun 2021. Syahrul mengatakan, menurunkan target sama saja menggerus pakan rakyat. Bahkan, ia menegaskan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]