Duh, Ilmuwan Inggris Sebut Ada 1,7 Juta Virus Tak Dikenal, Bisa Tulari Manusia


Kamis, 04 Juni 2020 - 15:17:42 WIB
Duh, Ilmuwan Inggris Sebut Ada 1,7 Juta Virus Tak Dikenal, Bisa Tulari Manusia Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang ilmuwan ternama di Inggris sekaligus presiden EcoHealth Alliance, Dr Peter Daszak, memperingatkan bahwa ada hampir 2 juta virus tidak dikenal yang bersembunyi pada hewan, dan bisa menginfeksi manusia.

Hal ini membuat Dr Daszak meminta para peneliti untuk melakukan berbagai upaya untuk memahami kode genetik virus pada hewan tersebut. Ini untuk mencegah wabah mematikan menyerang manusia di masa depan.

"Kami menganalisis jumlah virus yang tidak diketahui dan bisa saja muncul di masa depan dan menginfeksi manusia. Kami memperkirakan ada sekitar 1,7 juta, beberapa di antaranya bisa menginfeksi manusia," katanya yang dikutip dari Daily Star, Kamis (4/6/2020).

"Ini bisa menjadi ancaman di masa depan. Kami baru mengetahui beberapa virus saja, dan sebagian besarnya menunggu untuk muncul di masa depan," lanjutnya.

Dr Daszak mengatakan, untuk mengetahui seluruh virus itu butuh waktu yang lama sampai 10 tahun. Jika itu terlaksana, ia memperkirakan manusia bisa mengembangkan obat, vaksin, serta asal usul asal virus itu.

Saat ini, para peneliti di berbagai negara sedang mengerjakan vaksin dan obat untuk virus Corona COVID-19, diperkirakan akan selesai akhir tahun ini. Namun, Dr Daszak mengatakan, jika vaksin itu sudah tersedia, butuh waktu beberapa tahun agar vaksin itu bisa didistribusi secara menyeluruh. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 11:00:54 WIB

    Duh, Vaksin Covid-19 Berpotensi Kurang Efektif pada Orang Obesitas

    Duh, Vaksin Covid-19 Berpotensi Kurang Efektif pada Orang Obesitas HARIANHALUAN.COM - Kegemukan atau obesitas telah diketahui menjadi salah satu faktor risiko dalam infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19. Peneliti menilai kelebihan lemak pada orang obesitas juga dapat membuat vaksin Cov.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 20:31:03 WIB

    Duh, Efektivitas Vaksin Corona Disebut Hanya 60%

    Duh, Efektivitas Vaksin Corona Disebut Hanya 60% HARIANHALUAN.COM - Penasihat Gedung Putih untuk virus corona dan juga Direktur Institut Nasional Penyakit Alergi dan Penyakit Menular AS, Dr. Anthony Fauci mengatakan bahwa upaya para ilmuwan menciptakan vaksin yang sangat ef.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 12:03:45 WIB

    Waduh, China Temukan Virus Corona pada Kemasan Udang Beku Impor

    Waduh, China Temukan Virus Corona pada Kemasan Udang Beku Impor HARIANHALUAN.COM - Pemerintah China temukan virus Corona COVID-19 pada kemasan udang beku impor. Namun penemuan tersebut bukan berarti virus Corona dapat ditularkan melalui kemasan makanan..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 23:10:00 WIB

    Waduh, Hasil Studi Ungkap 1 dari 20 Perempuan tak Pernah Orgasme

    Waduh, Hasil Studi Ungkap 1 dari 20 Perempuan tak Pernah Orgasme HARIANHALUAN.COM - Kepuasan seksual ternyata belum dirasakan setiap pasangan. Studi terbaru menunjukkan laki-laki lebih sering mencapai orgasme dibandingkan perempuan saat berhubungan seksual..
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 07:51:00 WIB

    Waduh, Anak Kegemukan Lebih Cepat Puber

    Waduh, Anak Kegemukan Lebih Cepat Puber HARIANHALUAN.COM - Anak kecil bertubuh gemuk cenderung beris ko lebih cepat puber. Mengapa ini bisa terjadi?.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]