WHO Tegaskan Virus Covid-19 Tak Bermutasi Jadi Lebih Berbahaya


Kamis, 04 Juni 2020 - 19:39:42 WIB
WHO Tegaskan Virus Covid-19 Tak Bermutasi Jadi Lebih Berbahaya Ilustrasi Corona.

HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menekankan, virus corona tidak akan bermutasi menjadi lebih berbahaya seperti yang dikhawatirkan sejumlah kalangan.

Pakar epidemiologi penyakit menular, Dr Maria Van Kerkhove, dalam konferensi pers menerangkan bahwa ilmuwan seluruh dunia telah meneliti virus itu.

Van Kerkhove menjelaskan, diketahui virus corona tidak akan bermutasi menjadi sesuatu yang lebih berbahaya, seperti yang ditakutkan sejumlah pakar kesehatan.

"Ada perubahan normal pada virus ini yang bisa diprediksi dari waktu ke waktu," kata Van Kerkhove, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (3/6/2020).

Pejabat WHO itu merujuk pada mutasi asam ribonukleat, atau RNA virus, yang bisa ditemui pada keluarga coronavirus lainnya, seperti flu.

"Sejauh ini, tidak ada indikasi bahwa mutasi itu bisa memberikan dampak dalam hal kemampuannya untuk menularkan atau menyebabkan sakit yang lebih parah," jelasnya.

Penyakit dengan nama resmi Covid-19 itu kini sudah melumpuhkan dunia, dan bergerak ke negara miskin seperti Brasil dan Meksiko, setelah sebelumnya menghantam AS.

Van Kerkhove mengatakan, wabah ini jauh dari kata usai di mana dia menyebutkan, kejenuhan karena lockdown ataupun pengabaian kebersihan sosial bisa memberikan ancaman.

Dia menerangkan, di tengah keputusan karantina yang dibuat pemerintah, orang mulai merasakan jenuh dengan tantangannya adalah menjaga masyarakat menaati aturan kebersihan yang ada.

"Kita harus tetap kuat dan terus berjuang. Pemerintah harus terus berkoordinasi dan masyarakat tetap patuh selama lockdown diberlakukan," paparnya. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 10:55:41 WIB

    AS Resmi Keluar dari WHO, Ini Alasannya

    AS Resmi Keluar dari WHO, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat (AS) secara resmi memulai proses keluarnya negara ini dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintahan Presiden Donald Trump baru saja memberitahu Kongres AS dan Perserikatan .
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:38:55 WIB

    Peringatan Terbaru WHO Soal Corona & Permintaan Lockdown

    Peringatan Terbaru WHO Soal Corona & Permintaan Lockdown HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kembali memperingatkan seluruh negara terkait dengan perkembangan terbaru pandemi Covid-19. Disebutkan bahwa mengingat sejumlah negara masih mengal.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 13:54:51 WIB

    WHO Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Semua Negara Harus Bersiap Hadapi Kemungkingan Terburuk

    WHO Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Semua Negara Harus Bersiap Hadapi Kemungkingan Terburuk HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pandemi virus korona jenis baru atau Covid-19 masih belum selesai dan kemungkinan hal buruk bisa terjadi. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyes.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 18:28:11 WIB

    WHO Puji Arab Saudi Putuskan Haji 1.000 Jamaah

    WHO Puji Arab Saudi Putuskan Haji 1.000 Jamaah HARIANHALUAN.COM – Keputusan Arab Saudi menggelar haji 2020 dengan jumlah jamaah sangat terbatas dan hanya yang ada di negara itu saja karena pandemi Covid-19, disambut baik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)..
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 13:02:43 WIB

    WHO Beri Alarm Bahaya Bagi Masyarakat, Pandemi Covid-19 Terus Meningkat

    WHO Beri Alarm Bahaya Bagi Masyarakat, Pandemi Covid-19 Terus Meningkat HARIANHALUAN.COM - Total kasus virus Corona (COVID-19) secara global telah melampaui angka 9 juta. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memberikan peringatan terbaru dengan menyatakan pandemi Corona masih 'terus meningkat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]