Diduga Gelapkan Mobil, Oknum PNS Lapas Agam Dibekuk di Padang


Kamis, 04 Juni 2020 - 20:31:45 WIB
Diduga Gelapkan Mobil, Oknum PNS Lapas Agam Dibekuk di Padang Ilustrasi/JPNN

HALUANHARIAN.COM -- Diduga melakukan penggelapan, oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubuk Basung, Kabupaten Agam, ditangkap kepolisian Polsek Koto Tangah.

Kanit Reskrim Polsek Koto Tangah Iptu Syafwal yang melakukan penggrebekan terhadap Zalman(48) mengatakan, pelaku ditangkap dikawasan Padang pada Sabtu 30 Mei 2020 dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

"Namun pada saat diamankan, kami hanya menemukan barang bukti (BB) berupa satu unit hand phone dan uang senilai Rp1.575.000 dan dua lembar struk ATM BNI dan Link BRI," terang Syawal, Kamis (4/6/2020).

Setelah dilakukan pemrosesan lebih lanjut, sambung Syawal, pelaku melakukan perbuatan itu sudah sejak 2019 lalu. Kemudian mobil hasil penggelapan tersebut digadaikan ke beberapa daerah di Sumbar.

"Mobil itu digadaikan pelaku ke daerah Pasaman Barat, Payakumbuh, Sijunjung bahkan hingga ke Provinsi Jambi dengan harga bervariasi," terangnya lagi.

Ditambahkannya, pada saat dibekuk, hanya mengamankan satu unit hand phone dari tangan pelaku. Namun setelah beberapa hari dilakukan pengembangan, pihaknya telah menyemput BB lain berupa dua unit mobil merek Toyota Avanza yang digelapkan pelaku di Pasaman Barat dan Sijunjung.

Kemudian hal itu dibenarkan Kapolsek Koto Tangah, AKP Zamri Elfino, saat ditangkap, pelaku Zalman (48) tidak ada melakukan perlawanan, setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang mengaku telah kehilangan mobil.

"Selanjutnya kami langsung menggiring pelaku ke Mapolsek Koto Tangah untuk menjalankan pemrosesan hukum," ujar Elfino.

Elfino menerangkan, untuk pemrosesan hukum, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak lapas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

"Selain itu, kita juga berkoordinasi dengan Kementrian Hukum dan HAM Sumbar," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]