New Normal, SMA 2 Padang Pasang Lorong Cairan Sehat untuk Pernafasan


Jumat, 05 Juni 2020 - 19:27:12 WIB
New Normal, SMA 2 Padang Pasang Lorong Cairan Sehat untuk Pernafasan Indra M Gandidi (kanan) menerangkan cara kerja Lorong Nano Imun Booster kepada tim Sispala Reborn.

HARIANHALUAN.COM - Selama sekitar empat bulan lebih kurang Indonesia bergelut dengan Covid-19 yang telah memporakporandakan perekonomian masayarakat, kini pemerintah dan seluruh elemen memulai tatanan kehidupan baru yang produktif dan bebas Covid-19.

Menyikapi itu, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negri 2 Padang, akan menghadirkan Nano Imun Booster Tunnel/Lorong dalam mengatasi penyebaran virus Corona yang tak kunjung ditemukan penawarnya.

Nano Imun Booster Tunnel/Lorong itu sendiri merupakan sebuah cairan dan bukan sejenis desinfektan. Penggunaan cairan itu dengan menggunakan alat yang telah dirancang sedemikian rupa.

Alumni sekaligus pendiri KPA Cakrawala (wadah bagi Anggota Sispala yang sudah tamat SMA,red) Indra M Gandidi mengatakan, bahwa Lorong Imun Booster bukanlah semprotan disinfektan atau alat kimia lain yang no recomended WHO.

"Lorong Imun Booster adalah cairan herbal yang dimasukkan ke dalam alat yang sudah dirancang. Sementara alat tersebut telah kita uji di UPI Bandung dan makanya saya akan menerapkan di SMA N 2 ini," ujar peneliti sekaligus pengajar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan juga alumni SMA 2 Padang, Jumat (5/6/2020).

Ditambahkannya, alat tersebut kemudian dipasang di pintu masuk SMA Negeri 2 Padang yang nanti akan dilewati oleh 1000 warga sekolah di Jalan Musi 02 Rimbo Kaluang Padang Barat. 

"Intinya, alat yang ada di atas lorong Nano Imun Booster yang telah kita rancang, bentuk dan mekanisme kerjanya dengan teknologi nano. Kemudian di dalam alat itu dimasukan bahan-bahan herbal, yang jelas no disinfektan no alkohol atau bahan-bahan kimia lainnya," sebutnya.

Indra menerangkan, selanjutnya bahan-bahan organik dimasukan ke dalam alat yang dialiri listrik. Kemudian alat tersebut bergetar sehingga menghasilkan serupa asap yang mengandung zat organik dan vitamin dan sehat untuk pernafasan.

"Berharap teknologi nano yang dipergunakan untuk lorong Imun Booster dapat mengantarkan sekolah dalam tatanan baru kehidupan di era Covid-19 dan nano ini siap diberdayakan untuk sekolah lain di Sumbar," sebutnya.(*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]