Mahasiswa Minang Angkat Bicara Soal Kitab Suci Injil Berbahasa Minangkabau


Jumat, 05 Juni 2020 - 20:54:14 WIB
Mahasiswa Minang Angkat Bicara Soal Kitab Suci Injil Berbahasa Minangkabau Ketua Umum Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang Bogor, Handika Rahmat Febrian. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Kitab Injil berbahasa Minang menuai polemik baru. Kini, kitab dalam bentuk digital menimbulkan keresahan bagi masyarakat Sumbar. Pasalnya, ini terkait dengan falsafah Minang “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” yang telah ada secara turun temurun. Falsafah ini menggambarkan bahwa masyarakat Minangkabau berpegangan pada ajaran Islam.

Walhasil, permasalahan ini menyebabkan Aliansi Mahasiswa Minangkabau Jabodetabek angkat bicara. Mahasiswa Minang yang berada di daerah rantau merasa hal ini perlu perhatian penuh agar tidak menimbulkan konflik dimasa yang akan datang.

Mahasiswa meminta agar semua pihak agar dapat menjaga toleransi. Disamping itu, mereka juga mengapresiasi penuh kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Menkominfo atas dihapusnya aplikasi Kitab Suci Injil yang menggunakan bahasa Minang di platform playstore.

Ketua Umum Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang Bogor, Handika Rahmat Febrian menuturkan, permasalahan ini sudah terjadi 22 tahun silam, dan sudah diselesaikan dengan aman. Namun, Handika menyayangan, masalah ini muncul kembali apalagi saat ini di tengah masa perjuangan melawan virus Corona atau Covid-19.

"Kami berharap permasalahan ini tidak terulangi lagi dimasa mendatang yang dapat membuat kegaduahan di tengah masyarakat," harap Handika, Jumat (5/6/2020).

Berdasarkan falsafah adat Minangkabau yaitu “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, menurut Handika, orang Minangkabau pasti berpegang teguh kepada Alqur’an dan Sunnah otomatis berdasarkan ajaran Islam. Pihaknya menilai adanya aplikasi Kitab Suci Injil berbahasa Minang itu sudah sia-sia dan bertentangan dengan norma adat yang ada.

"Permasalahan ini menimbulkan pro-kontra dalam masyarakat," ujar Handika.

Seiring dengan hal itu, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang Bogor mengajak semua pihak untuk dapat mendiskusikannya secara terbuka di Diskusi Online dari Minang Youth Talk ini bertajuk “Sikap Pemuda Minang Menyikapi Kitab Injil Berbahasa Minang”. Diskusi online ini diadakan pada Ahad tanggal 7 Juni besok mulai pukul 19.00-21.00 di Aplikasi Zoom

Narasumber yang akan berbicara dalam diskusi nanti ada Plt Kepala Biro Humas Sumatera Barat. Ketua Umum Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau, Duta Budaya Sumatera Barat 2019, dan rekan-rekan ketua ikatan Minang. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]