Pengusaha Kritik Stimulus Pemerintah, Tidak Banyak Membantu Pelaku Bisnis


Jumat, 05 Juni 2020 - 22:46:26 WIB
Pengusaha Kritik Stimulus Pemerintah, Tidak Banyak Membantu Pelaku Bisnis Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengusaha menilai stimulus dari pemerintah untuk dunia usaha diberikan setengah hati dan tidak niat. Sebab stimulus yang sudah dikeluarkan tidak banyak membantu pelaku bisnis.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mencontohkan besarnya stimulus yang diberikan pemerintah untuk BUMN, yaitu Rp 152 triliun. Namun pihaknya prihatin karena itu tidak berdampak ke sektor swasta.

"Yang kita sangat prihatin PLN, PLN itu sudah dibayarkan Rp 48,5 triliun. Tapi ini jawabannya PLN kepada kita, ada surat dari himpunan kawasan industri, Kadin dan sebagainya yang intinya kita meminta PLN itu untuk menghapuskan minimum charge," kata dia dalam diskusi online yang digelar Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Jumat (5/6/2020).

Padahal sekarang ini pabrik-pabrik atau perusahaan maupun hotel banyak yang tidak beroperasi. Tapi mereka harus membayar listrik lebih mahal daripada yang mereka pakai.

"Nah ini dijawab oleh PLN, intinya pokoknya nggak bisa saja, pokoknya dia nggak bisa menghapuskan minimum charge. Padahal kita maunya adalah kita membayar sesuai yang kita pakai. Demikian juga dengan gas," jelasnya.

Jadi, lanjut dia stimulus yang terbesar itu mengalirnya ke BUMN dan perpajakan. Sedangkan sektor pariwisata dapatnya Rp 3,8 triliun. Padahal pariwisata yang terdampak paling parah. Itu pun larinya lebih kepada diskon tiket pesawat dan insentif pajak hotel dan restoran yang larinya ke pemerintah daerah.

Lalu stimulus di sektor perumahan Rp 1,3 triliun. Itu pun bentuknya subsidi dan bantuan uang muka untuk MBR.

"Jadi stimulusnya setengah hati, nggak niat ngasihnya," tambah Hariyadi. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 18:57:06 WIB

    Pengusaha: Singapura Resesi maka Indonesia Bakal Dapatkan Untung Sekaligus Buntung

    Pengusaha: Singapura Resesi maka Indonesia Bakal Dapatkan Untung Sekaligus Buntung HARIANHALUAN.COM - Kondisi Singapura yang saat ini jatuh ke dalam jurang resesi tentu berimbas pada ekonomi kawasan. Indonesia diperkirakan bakal terkena dampak negatif menurunnya angka penanaman investasi. Namun, ternyata ad.
  • Senin, 13 Juli 2020 - 17:43:48 WIB

    Covid-19 Naik Terus, Pengusaha Mengaku Mulai Pusing Kepala

    Covid-19 Naik Terus, Pengusaha Mengaku Mulai Pusing Kepala HARIANHALUAN.COM - Kalangan pelaku usaha mengaku khawatir dengan sejumlah rekor penambahan kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di berbagai daerah termasuk Jakarta. Ancaman yang terbayang tentu dihentikannya la.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 20:50:56 WIB

    Pengusaha Minta Rp 600 T ke Pemerintah Buat Modal Kerja

    Pengusaha Minta Rp 600 T ke Pemerintah Buat Modal Kerja HARIANHALUAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) membutuhkan bantuan modal kerja dari pemerintah untuk memulai kembali bisnis dunia usaha yang sempat terhenti akibat Covid-19. Nilai modal kerja yang dibutuhkan d.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 09:34:20 WIB

    Napas Pengusaha Habis di Juni, Lowongan Kerja Makin Berat

    Napas Pengusaha Habis di Juni, Lowongan Kerja Makin Berat HARIANHALUAN.COM - Kalangan pengusaha sudah jauh-jauh hari mengingatkan kemampuan arus kas atau cashflow mereka hanya bisa bertahan sampai Juni 2020. Bila tak ada perbaikan ekonomi, maka kondisi ini akan memicu soal prediksi .
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 06:50:42 WIB

    Bantu Atasi Corona, Pengusaha Ini Jual Perusahaannya

    Bantu Atasi Corona, Pengusaha Ini Jual Perusahaannya HARIANHALUAN.COM - Pengusaha yang juga pengamat intelijen Suhendra Hadikuntono berniat menjual beberapa perusahaannya yang beromzet ratusan miliar rupiah. Tujuannya untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]