Hujan Seharian Mengguyur Sumbar, Ini Penjelasan BMKG


Jumat, 05 Juni 2020 - 23:12:53 WIB
Hujan Seharian Mengguyur Sumbar, Ini Penjelasan BMKG Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman mengatakan hujan yang terjadi selama satu hari pada Jumat (5/6/2020) dimulai dari pagi hingga malam hari, di seluruh wilayah Sumbar diakibatkan oleh pola gangguan cuaca sirkulasi angin tertutup atau vorteks di perairan dekat dengan Sumbar.

Pola vorteks merupakan daerah akumulasi massa basah atau uap air yang menyebabkan awan tebal dan kelabu, awan inilah kemudian yang menyebabkan hujan dengan durasi lama. 

"Dampaknya terjadi pada wilayah perairan Sumbar seperti Kota Padang, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Agam, Pariaman, Padang Pariaman dan Kepulauan Mentawai," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Padang Pariaman Yudha Nugraha, Jumat (5/6/2020)

Selain daerah perairan, beberapa daerah juga terdampak hujan dengan intensitas ringan seperti Limapuluh Kota, Tanah Datar, Pasaman dan sekitarnya.

"Serta dapat meluas ke daerah Padang Panjang, Solok Selatan, Solok dan sekitarnya, diprediksi puncaknya adalah hari ini," kata Yudha. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]