Ini Sanksi Bagi Pelanggar di Masa Transisi PSBB dari Denda hingga Cabut Izin


Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:40:12 WIB
Ini Sanksi Bagi Pelanggar di Masa Transisi PSBB dari Denda hingga Cabut Izin Foto: Ilustrasi PSBB Corona (Edi Wahyono)

HARIANHALUAN.COM -- Warga Ibu Kota diimbau mematuhi aturan selama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Masyarakat bahkan diimbau berpartisipasi melaporkan jika ada pelanggaran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya mengikuti aturan selama masa transisi PSBB di Ibu Kota. Terbaru, Anies mengingatkan mal hingga kantor bisa ditutup jika terus melakukan pelanggaran.

"Saya ingin mengajak kepada seluruh warga di Jakarta untuk ikut mengawasi karena tidak mungkin aparat penegak hukum bisa mengawasi jumlah yang begitu banyak, jumlah perkantoran, jumlah pertokoan, jumlah rumah ibadah, jumlah kegiatan sosial luar biasa banyak," kata Anies dalam konferensi pers yang disiarkan langsung, dikutip dari detik.com, Sabtu (6/6/2020).

"Mari kita semua ikut mengawasi dan bila menemukan penyimpangan tegur, laporkan kepada kita dan kita nanti akan tindak sesuai dengan semua peraturan yang ada dan kami tidak segan-segan untuk mencabut izin untuk menutup tempat apabila melakukan pelanggaran," jelas Anies.

Pesan ini ditujukan Anies kepada pertokoan hingga pusat perbelanjaan. Anies mengingatkan toko hingga mal yang buka harus memenuhi standar aturan maksimum jumlah pengunjung.

"Bila ada pertokoan, bila ada perkantoran, bila ada mal yang harus kapasitasnya hanya maksimal 50 persen, bila sampai melanggar ingatkan 2 kali, 2 kali masih melanggar yang ketiga akan ditutup. Ini demi melindungi keselamatan seluruh warga di Jakarta," ucap Anies.

Selain itu, sanksi dikenai bagi warga Jakarta yang tidak menggunakan masker akan dikenai denda.

"Jika berada di luar rumah jangan sampai tidak memakai masker. Bila tidak menggunakan masker anda akan kena denda Rp 250.000," kata Anies dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah membagikan 20 juta masker kepada warga. Karena itu, kata dia, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker.

"DKI sudah membagikan 20 juta masker gratis untuk seluruh masyarakat di Jakarta sehingga tidak ada alasan untuk tidak punya masker," ujarnya.

Bagi warga yang masih membutuhkan masker, Anies mengatakan kelurahan pun menyediakan. Masker akan dibagikan tanpa biaya.

"Dan bila masih perlu masker, silakan datang ke kantor kelurahan. Kantor-kantor kelurahan kita siap dengan masker yang bisa diambil secara cuma-cuma," kata Anies. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 22:11:31 WIB

    Mendagri Tito Kaget saat Berkunjung ke Medan, Ternyata Lihat Ini

    Mendagri Tito Kaget saat Berkunjung ke Medan, Ternyata Lihat Ini HARIANHALUAN.COM - Mendagri Tito Karnavian mengaku kaget melihat aktivitas warga Kota Medan yang ramai di tengah pandemi Corona. Tito mengaku sempat bertanya ke Gubsu Edy Rahmayadi apakah Medan sudah menerapkan new normal..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 21:30:36 WIB

    Dahlan Sebut Menteri Lebih Takut Ini Ketimbang Amarah Jokowi

    Dahlan Sebut Menteri Lebih Takut Ini Ketimbang Amarah Jokowi HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014 Dahlan Iskan ikut mengomentari kemarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara sebelumnya meluapkan kekesalannya saat meyampaikan arahan di d.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 20:29:53 WIB

    3 Fakta Iuran BPJS yang Naik Lagi Hari Ini

    3 Fakta Iuran BPJS yang Naik Lagi Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Iuran BPJS Kesehatan kembali dinaikkan lagi. Dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020, iuran dinaikkan kembali per hari ini. Kenaikan iuran ini tercatat menjadi yang kedua kali selama setahun. Kenaikan sebelumnya .
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 13:17:56 WIB

    Tarif Damri Turun Hari Ini, Berikut Rinciannya

    Tarif Damri Turun Hari Ini, Berikut Rinciannya HARIANHALUAN.COM - Perum Damri memberlakukan kebijakan baru terkait tarif bus Damri rute dari dan ke Bandara Soekarno Hatta . Mulai 1 Juli 2020, tarif bus Damri Bandara Soekarno-Hatta turun sekitar Rp 10.000 hingga Rp 30.000.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 18:57:24 WIB

    Khusus Pria dan Wanita Aktif, Ini Keunggulan Popok Dewasa Confidence Adult Pants Gender

    Khusus Pria dan Wanita Aktif, Ini Keunggulan Popok Dewasa Confidence Adult Pants Gender HARIANHALUAN.COM - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya, Confidence Adult Pants Gender. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]