Awas, Pakai Pewangi Ruangan Membahayakan Paru-paru


Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:47:37 WIB
Awas, Pakai Pewangi Ruangan Membahayakan Paru-paru Ilustrasi minyak gosok/essential oils. Foto: pixabay

HARIANHALUAN.COM -- Untuk membuat rumah menjadi lebih segar, tak sedikit yang memakai pewangi tambahan agar terasa lebih nyaman. Alih-alih untuk kenyamanan tubuh, beberapa jenis pewangi ternyata tidak aman dihirup oleh paru-paru.

Aroma rumah yang menyenangkan tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain membuat betah, aroma dari pewangi tambahan diharapkan bisa menjaga kesehatan paru-paru.

Namun, aroma dari pewangi tambahan yang berbasis bahan kimia, tak dianjurkan karena dapat memicu partikel polutan pada paru-paru. Sehingga, Anda harus memilah dengan tepat jenis pewangi yang aman untuk dihirup oleh organ pernapasan.

"Hindari pemakaian pewangi buatan seperti benzena. Pakai pewangi alami seperti esensial oil atau difuser, dengan bahan alami maka kesehatan paru-paru lebih terjaga," ujar dokter spesialis kesehatan olahraga, dr. Grace Joselini Sp.KO., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Jumat 5 Juni 2020.

Selain itu, meminimalkan polutan di rumah sebagai upaya menjaga kesehatan paru-paru, dilakukan dengan membersihkan perabotan rumah. Dokter Grace menyarankan agar proses membersihkan perabotan rumah minimal dilakukan satu kali dalam seminggu.

"Pastikan perabotan bebas dari jamur dan kotoran. Karena apabila terhirup ke saluran pernapasan, berbahaya dan dapat timbulkan reaksi peradangan," terangnya.

Lebih lanjut, dokter Grace menganjurkan untuk membuka jendela rumah secara rutin untuk menjaga sirkulasi udara. Apalagi jika memakai pendingin ruangan, yang membuat paru-paru membutuhkan udara segar lebih sering. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]