Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam Kampung


Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:58:23 WIB
Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam Kampung Ilustrasi ayam kampung. Foto: Pixabays

HARIANHALUAN.COM -- Menu ayam menjadi salah satu hidangan khas di hari Lebaran. Sebagian masyarakat memilih ayam kampung untuk dijadikan hidangan khusus merayakan Idulfitri bersama keluarga.

Namun, masih ada ibu-ibu yang kesulitan menghilang bau amis pada ayam kampung.

Nah, Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Bahran memiliki tips khusus untuk menghilangkan bau amis pada ayam kampung.

"Pertama ayam kampung harus dicuci bersih dengan garam, atau dicuci dengan kunyit bubuk untuk menghilangkan bau amis yang ada di daging ayam kampung," tutur dia dalam diskusi via daring, dikutip dari JPNN, Sabtu (6/6/2020).

Kemudian, sebelum dimasak daging ayam kampung harus direbus selama 5 menit dulu untuk menghilangkan darah dan kotoran yang menempel di daging ayam kampung.

Setelah itu, ayam kampung bisa diolah sesuai keinginan, seperti opor ataupun  sayur godog Lebaran.

Bahran mengatakan, perayaan Lebaran identik dengan hidangan ketupat yang disajikan dengan opor atau gulai sapi ataupun gulai kambing.

Namun, seiring berkembangnya zaman dan majunya dunia kuliner, banyak orang membuat hidangan Lebaran terutama untuk menemani hidangan dengan ketupat, seperti kuah Bugis khas makanan Sulawesi, yang berbahan dasar iga sapi.

"Terkadang juga karena Indonesia kaya dengan suku bahasa dan ciri khas setiap daerah berbeda-beda cara merayakan hari Lebaran terutama di dalam cara menghidangkan ketupat lebarannya," jelasnya. (*)

 Sumber : JPNN /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 21:40:26 WIB

    5 Cara Menangkal Virus Penyakit di Kamar Hotel

    5 Cara Menangkal Virus Penyakit di Kamar Hotel HARIANHALUAN.COM - Selain pesawat, virus penyakit seperti corona juga patut diwaspadai saat berada di tempat penginapan, baik itu hotel atau hostel..
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 22:58:37 WIB

    Jangan Panik Saat Baju Kena Noda Lipstik, Ini Cara Membersihkannya

    Jangan Panik Saat Baju Kena Noda Lipstik, Ini Cara Membersihkannya HARIANHALUAN.COM - Ketika baju putih kita kotor karena suatu noda, pastinya kita akan membuat kita kesal. Apalagi, jika itu adalah baju kesayangan kita..
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 14:20:16 WIB

    Suami Pelit Memberi Nafkah? Begini Cara Mengatasinya

    Suami Pelit Memberi Nafkah? Begini Cara Mengatasinya HARIANHALUAN.COM - Seorang suami memiliki kewajiban memberikan nafkah kepada istrinya. Namun bagaimana istri menyikapi seorang suami yang tergolong pelit dalam memberikan nafkah atau bahkan tidak memberikan nafkah?.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:53:45 WIB

    Sudah Benarkah Cara Anda Gunakan Hand Sanitizer?

    Sudah Benarkah Cara Anda Gunakan Hand Sanitizer? HARIANHALUAN.COM - Agar hand sanitizer atau cairan pembersih tangan bisa bekerja efektif, Anda harus mengeluarkan gelnya ke salah satu tangan Anda secukupnya dan memastikan menggosoknya ke seluruh jari dan tangan Anda sampai .
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:39:46 WIB

    Bayi Susah BAB? Atasi dengan 3 Cara Berikut

    Bayi Susah BAB? Atasi dengan 3 Cara Berikut HARIANHALUAN.COMĀ - Bayi yang susah buang air besar merupakan salah satu kondisi yang bisa terjadi pada si kecil. Saat sedang sembelit, bayi bisa mengalami rasa sakit ketika mencoba buang air besar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]