Sejumlah Nama Calon Gubernur Mengapung, Andre Rosiade: Sumbar Tak Butuh Pemimpin Pencitraan


Sabtu, 06 Juni 2020 - 20:40:28 WIB
Sejumlah Nama Calon Gubernur Mengapung, Andre Rosiade: Sumbar Tak Butuh Pemimpin Pencitraan Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade. Dok Tirto.id

HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah nama calon Gubernur dan Wakil Gubernur muncul di bursa Pilkada Sumbar 2020. Dari sejumlah nama itu adalah Nasrul Abit, Mulyadi, Mahyeldi, Riza Falepi, Audy Joinaldy. Teranyar Fauzi Bahar, Mantan Wali Kota Padang periode 2004-2009 itu digadang-gadangkan bakal ikut bertarung merebut kursi Sumbar 1 (satu).

Merespon hal itu, Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade menuturkan, jika melihat sejumlah calon Gubernur yang muncul saat ini yang pasti Sumbar butuh perbaikan dan perubahan. Kemudian, Sumbar butuh sosok pemimpin yang punya nyali, punya visi, memiliki kemampuan untuk bekerja, serta rekam jejak yang jelas.

"Sumbar tidak butuh pemimpin yang hanya pencitraan. Tapi saat krisis tidak mampu berbuat apa-apa. Sumbar tidak butuh pemimpin yang mau coba-coba tanpa rekam jejak yang jelas," kata Andre Rosiade saat dihubungi Harianhaluan.com, Sabtu (6/6/2020).

Intinya kata Andre Rosiade, Sumbar membutuhkan perubahan yang lebih baik. Maka pemimpin kedepan diharapkan yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas, nyali untuk melalukan perubahan. Tak hanya itu, pemimpin Sumbar harus punya sepak terjang yang mumpuni.

"Dan percayalah, pemilih Sumbar adalah pemilih yang rasional dan objektif. Jadi yang punya uang sakapa (dalam bahasa Minang-nya) belum tentu menjadi pemenang dalam Pilkada," ujar Andre Rosiade.

Khusus Partai Gerindra, lanjut Andre Rosiade, pihaknya menawarkan figur Nasrul Abit dan Indra Catri. Keduanya memiliki pengalaman sebagai Bupati dua periode dan sukses memimpin di daerah masing-masing. Seperti Nasrul Abit saat memimpin Pesisisr Selatan, begitu juga Indra Catri dalam memimpin Agam.

"Keduanya mempunyai prestasi yang luar biasa. Mereka punya nyali untuk mengambil terobosan, dan saya rasa pasangan ini cocok untuk membawa Sumbar yang lebih baik. Bukan pasangan yang baru muncul dan coba-coba gitu lah," ulas Andre Rosiade.

Selain itu, tambah Ande Rosiade, Sumbar membutuhkan sosok pemimpin yang bisa berkomunikasi dengan baik bersama rakyat. Dia berharap, pemimpin Sumbar merupakan orang yang tahu dengan keadaan masyarakat Minang, dan tahu dengan masalah yang ada di Ranah Minang.

"Tentu harapan kita pemimpin yang dipilih adalah yang mau bekerja, bukan hanya sebatas pecitraan," imbuh Andre Rosiade.

Saat disinggung terkait munculnya pemimpin milenial di Pilgub Sumbar, yakni Faldo Maldini dan Audy Joinaldy. Andre Rosiade menghormati setiap figur yang maju Pilkada karena dirinya tidak ingin mengomentari calon lain. Bagi Andre, Gerindra akan mencalonkan figur yang memiliki rekam jejak yang jelas, nyali, prestasi, visi, serta kinerja yang teruji.

"Karena Sumbar ndak bisa takah iko-iko se. Sumbar butuh perubahan, NA-IC insyaAllah jawabannya," tandasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]