Usai Dibawa Hajatan, Bayi 50 Hari Dinyatakan Positif Covid-19


Sabtu, 06 Juni 2020 - 20:49:26 WIB
Usai Dibawa Hajatan, Bayi 50 Hari Dinyatakan Positif Covid-19 ilustrasi corona

HARIANHALUAN.COM - Bayi perempuan berusia 50 hari di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, positif terinfeksi virus corona (Covid-19) usai dibawa orang tuanya menghadiri acara hajatan. "Pada Sabtu ini di Kabupaten Cirebon terdapat penambahan kasus positif Covid-19, dimana menimpa seorang bayi berusia 50 hari," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan, Sabtu (6/6/2020).

Nanan menjelaskan bahwa bayi perempuan tersebut dibawa orang tuanya menghadiri suatu hajatan. Ada sejumlah orang yang hadir, termasuk pamannya yang datang daerah wilayah penularan virus corona. Setelah itu, bayi malang itu mengalami gejala klinis seperti demam, batuk serta diare. 

Kedua orang tuanya lalu membawa ke rumah sakit untuk menjalani rapid test atau uji cepat virus corona. Hasilnya, bayi dan ayahnya reaktif. Mereka lalu lanjut menjalani tes swab. Si jabang bayi dinyatakan positif terinfeksi virus corona. "Dilakukan tes swab dan hasilnya memang bayi berusia 50 hari itu positif Covid-19, sedangkan ayah dan ibunya negatif," kata Nanan.

Berkaca dari hasil tes swab tersebut serta wawancara dengan pihak keluarga, bayi perempuan berusia 50 hari itu diduga tertular dari pamannya yang hadir dalam acara hajatan. Paman dari bayi itu diketahui datang dari episentrum penularan virus corona. "Riwayat kontak dengan pamannya yang datang dari episentrum pada saat hajatan," ujarnya.

Nanan mengatakan pihaknya kini tengah melacak riwayat kontak bayi dan paman dari bayi tersebut di acara hajatan. Tentu dalam rangka mendeteksi penularan virus corona. Nanan juga meminta masyarakat agar pelaksanaan suatu kegiatan lebih diperketat. Jangan sembarang menerima tamu terutama yang berasal dari daerah episentrum penyebaran virus corona.

Nanan mengatakan sejauh ini kasus positif di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ada 14. Dari jumlah tersebut, 7 orang telah sembuh dan 2 orang meninggal dunia. Berdasarkan data pemerintah pusat, di Provinsi Jawa Barat sudah ada 2.376 kasus positif per Sabtu (6/6). Sebanyak 779 di antaranya telah sembuh dan 158 meninggal dunia.

Di lingkup nasional, pemerintah pusat mengumumkan telah ada 30.514 kasus positif di Indonesia per Sabtu (6/6). Sebanyak 9.907 telah sembuh dan 1.801 meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 20:38:09 WIB

    Usai Jokowi Marah, Luhut Merapat Bareng Bos BI Hingga KPK

    Usai Jokowi Marah, Luhut Merapat Bareng Bos BI Hingga KPK HARIANHALUAN.COM - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pertemuannya dengan petinggi lembaga negara dan para menteri koordinator. Hal terjadi usai adanya teguran keras Presiden Joko Widodo dalam r.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 12:44:21 WIB

    John Kei Ditangkap Lagi Usai Bebas Bersyarat

    HARIANHALUAN.COM - Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap 25 orang kelompok bersenjata pimpinan John Kei yang melakukan penyerangan di Tangerang dan Jakarta Barat..
  • Senin, 15 Juni 2020 - 19:52:51 WIB

    Luhut Pandjaitan Irit Komentar Usai Bertemu Prabowo Subianto

    Luhut Pandjaitan Irit Komentar Usai Bertemu Prabowo Subianto HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadiku.
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 10:16:43 WIB

    Usai Pembatalan Keberangkatan Haji, Presiden Jokowi Lakukan Ini

    Usai Pembatalan Keberangkatan Haji, Presiden Jokowi Lakukan Ini HARIANHALUAN.COM  - Presiden Joko Widodo mengumpulkan sejumlah tokoh lintas agama pasca-keputusan Pemerintah RI untuk tidak memberangkatkan jamaah haji ke Tanah Suci pada musim haji 2020..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 12:17:14 WIB

    Wakapolres Purbalingga Tewas Kecelakaan Usai Cek Anggota di Polsek

    Wakapolres Purbalingga Tewas Kecelakaan Usai Cek Anggota di Polsek HARIANHALUAN.COM - Wakapolres Purbalingga Kompol Widodo Ponco Susanto tewas dalam kecelakaan motor tunggal pada Senin (1/6) malam. Widodo mengalami kecelakaan dalam perjalanan usai memantau anggota di polsek-polsek di Purbali.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]