Tak Lagi Sajikan Seluruh Lauk di Meja, Begini Protokol Kesehatan di Rumah Makan Padang


Ahad, 07 Juni 2020 - 07:25:43 WIB
Tak Lagi Sajikan Seluruh Lauk di Meja, Begini Protokol Kesehatan di Rumah Makan Padang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah rumah makan di DKI Jakarta mulai menyiapkan penerapan protokol kesehatan untuk pembukaan operasional mulai Senin (8/6) pekan depan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Salah satu rumah makan Padang yang ditemui CNNIndonesia.com, Sabtu (6/6), juga bakal menerapkan pelayanan dengan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan rumah makan mulai beroperasi pekan depan selama PSBB transisi dengan ketentuan menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

Salah satu ketentuannya, Anies tidak memperbolehkan rumah makan menyajikan makanan secara prasmanan. Kapasitas pelanggan dan pekerja juga harus dipangkas setengah.

Rumah Makan Sederhana Veteran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, bakal menerima pelanggan mulai pekan depan. Restoran akan mulai buka pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Namun, operasionalnya akan sedikit berbeda. Rumah makan Padang ini tidak akan menyajikan seluruh lauk di meja pelanggan atau pelayanan prasmanan seperti biasa.

"Kami hanya menyajikan apa yang diminta saja. Kemudian pelayan juga pakai masker dan face shield [pelindung wajah]," ungkap manajer restoran, Inin (45) kepada CNNIndonesia.com ditempat, Sabtu (6/8).

Konsep menyajikan makanan di meja makan diganti RM Sederhana, Veteran, selama pandemi. Agar pelanggan bisa memilih menu, tiap lauk disajikan pada satu meja dan dibungkus plastik.

Prosedurnya, ketika masuk ke restoran pelanggan bakal diminta memilih menu berdasarkan deretan lauk yang dijajakan di meja. Kemudian pelayan bakal mencatat pesanan pelanggan dan mengantar ke meja.

Inin mengatakan pelanggan diharuskan memakai hand sanitizer sebelum memasuki area restoran. Ia sudah menyediakan hand sanitizer yang digantung di depan pintu masuk.

Aturan memakai masker ketika akan masuk restoran juga wajib dilakukan. Ia mengatakan pihaknya tak bakal melayani pelanggan jika masuk tak memakai masker.

Jumlah pelanggan bakal dipangkas hingga setengah. Yang tadinya restoran bisa menampung hingga 100 orang, mulai pekan depan akan ditetapkan maksimum 50 pelanggan.

Dengan begini, restoran bisa menerapkan konsep jaga jarak. Di mana satu meja hanya bisa diisi dua orang pelanggan. Sendok dan garpu juga bakal dibungkus tisu.

Inin mengatakan pihaknya bakal langsung menerapkan makan di tempat Senin depan, salah satunya karena omzet tiga bulan ke belakang turun drastis. Bahkan ia sempat terpaksa menutup restoran selama dua minggu.

"[Omzet] turun bisa 70 persen. Karena sepi, akhirnya saya tutup. Tapi karyawan tidak bisa kemana-mana [karena PSBB]," ujarnya.

Penutupan dilakukan karena restoran tak sanggup membayar pegawai selama omzet turun. Namun Inin bercerita pegawainya meminta restoran tetap dibuka, meskipun upah per minggu minim.

Ia mengaku hampir tiap hari pemasukan restoran datang melalui layanan ojek online. Selebihnya jarang didapati pelanggan datang untuk bawa pulang makanan.

Yang ada, lanjutnya, justru pelanggan datang menanyakan jika restoran bisa menerima makan di tempat. Hal ini sering didapati selama PSBB kemarin.

"Ada saja yang memaksa mau makan di sini. Buat dua atau tiga orang. Tapi saya enggak mau," ceritanya.

Sedangkan Rumah Makan Padang Kebayoran Baru di Gandaria, Jakarta Selatan sudah mulai membuka operasional hari ini. Namun hanya untuk jumlah pengunjung yang sangat terbatas.

Baru pekan depan rumah makan bakal buka operasional untuk setengah kapasitas pelanggan normal sesuai ketentuan di masa PSBB transisi.

Soleh (45), pegawai Rumah Makan Padang Kebayoran Baru mengatakan pihaknya sudah menyiapkan protokol pembatasan pelanggan untuk menerapkan jaga jarak.

"Meja yang biasanya [buat] delapan orang, jadi dua orang. Itu pun dikasih tanda-tanda X di atas meja," ujarnya kepada CNNIndonesia.com di tempat.

Tanda X yang diungkap Soleh ditempelkan di tiap meja untuk menerapkan jarak antarpelanggan. Dengan begitu, pelanggan tak boleh duduk di depan meja yang bertanda X.

Penyajian makanan di meja makan, kata Soleh, juga tak lagi dilakukan. Pelanggan hanya bisa memesan makanan berdasarkan menu atau melihat pilihan lauk dari jauh.

Selama PSBB, Rumah Makan Padang Kebayoran Baru buka pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Pegawai yang bertugas juga dibatasi jadi 15 orang. Normalnya ada 30 petugas yang bekerja tiap hari.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai menerapkan PSBB transisi sejak Jumat (5/6) kemarin. Pada periode ini aktivitas dan fasilitas umum mulai diizinkan beroperasi secara bertahap.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 07:42:03 WIB

    Pentingnya Investasi meski Gaji ke-13 PNS Tak Cair

    Pentingnya Investasi meski Gaji ke-13 PNS Tak Cair HARIANHALUAN.COM - Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mampu menyisihkan uang dari gajinya untuk berinvestasi. Meski gaji ke-13 PNS belum ada kejelasan apakah dicairkan atau tidak..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 19:22:23 WIB

    Susi Pudjiastuti Mengaku Tak Rela Ekspor Benih Lobster Dibuka

    Susi Pudjiastuti Mengaku Tak Rela Ekspor Benih Lobster Dibuka HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merespons kebijakan pembukaan keran ekspor benih lobster yang dilakukan oleh Menteri saat ini Edhy Prabowo. Dia mengaku tidak rela jika ekspor benih lo.
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 14:47:10 WIB

    Edhy Prabowo Tegaskan Tak Ada Main dengan Eksportir Benih Lobster

    Edhy Prabowo Tegaskan Tak Ada Main dengan Eksportir Benih Lobster HARIANHALUAN.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo resmi membuka izin ekspor benih lobster. Saat ini sebanyak 26 calon eksportir sudah ditetapkan oleh KKP..
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 15:07:17 WIB

    Klaim Nasabah Asuransi Bumi Putra Tak Kunjung Dicairkan

    Klaim Nasabah Asuransi Bumi Putra Tak Kunjung Dicairkan HARIANHALUAN.COM - Para nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumiputra (AJBB) Cabang Bukittinggi resah. Pasalnya, banyak klaim asuransi nasabah yang hingga kini belum dibayarkan. Permasalahan tersebut muncul sejak tahun lalu. .
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 19:55:26 WIB

    Kuartal I 2020, Telkom Hanya Cetak Laba Rp5,86 Triliun

    Kuartal I 2020, Telkom Hanya Cetak Laba Rp5,86 Triliun HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) hanya mencetak laba bersih sebesar Rp5,86 triliun di kuartal I 2020 atau turun 5,82% dari periode sama tahun lalu sebesar Rp6,22 triliun..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]