KPU Solsel Tunggu Pluit PKPU tentang Tahapan Pilkada 2020


Ahad, 07 Juni 2020 - 16:12:36 WIB
KPU Solsel Tunggu Pluit PKPU tentang Tahapan Pilkada 2020 Ketua KPUD Solsel Nila Puspita.

HARIANHALUAN.COM -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solok Selatan (Solsel) masih menunggu hasil rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia untuk memulai tahapan Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020.

"Untuk memulai tahapan kita masih menunggu keputusan dan edaran KPU RI, terutama PKPU tentang jadwal tahapan," kata Ketua KPUD Solsel, Nila Puspita pada Harianhaluan.com, Minggu (7/6/2020).

Semula, imbuhnya Pilkada akan digelar pada 23 September akan tetapi disebabkan Covid-19, hari pencoblosan diundur hingga 9 Desember 2020 yang akan digelar di 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. "Sehingga, jadwal dan tahapan semula bakal dirubah," jelasnya.

Keputusan penundaan tersebut sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020.

Sejauh ini, kata Nila KPUD Solsel telah melakukan verifikasi administrasi berkas dua pasang calon kepala daerah (Cakada) jalur perorangan yang telah melakukan pendaftaran. "Apabila PKPU telah keluar nantinya maka sudah bisa dimulai tahap atau masuk tahap verifikasi faktual," katanya.

Dua pasang Cakada yang mendaftar di KPUD Solsel yakni Jon Mathias-Jufrial dan Joni Syarif-Rapialdi. Sedangkan tahapan pendaftaran Cakada untuk jalur partai politik, pihaknya masih menunggu edaran dan keputusan KPU RI.

Sesuai UU 10/2016, dalam Pasal 40 ayat (1) disebutkan bahwa Partai Politik atau gabungan Partai Politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di daerah yang bersangkutan. (*)

Reporter : Jefli /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]