PSBB Berakhir, Kota Padang Belum Terapkan New Normal


Ahad, 07 Juni 2020 - 22:17:37 WIB
PSBB Berakhir, Kota Padang Belum Terapkan New Normal Walikota Padang, Mahyeldi

HARIANHALUAN.COM - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III di Sumatera Barat (Sumbar) resmi berakhir hari ini, Minggu (7/6). Namun, Pemerintah Kota Padang tidak melanjutkan PSBB dan juga belum memberlakukan tatanan kehidupan baru.

Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan Kota Padang rencananya akan memberlakukan masa transisi New Normal selama seminggu ke depan. Kebijakan tersebut dilakukan untuk dapat mensosialisasikan peraruran walikota yang sedang dirancang.

"Di masa transisi menuju tatanan kehidupan baru, Pemko Padang akan mensosialisasikan peraturan wali kota yang sedang dirancang," katanya.

Menurutnya, ada tujuh sektor yang sedang dipersiapkan untuk diterapkan di masa New Normal. Mulai dari sektor pemerintahan, perdagangan, pendidikan, pariwisata, transportasi, sosial budaya dan agama.

"Perwako ini juga akan diperkuat dengan peraturan daerah, sehingga akan ada penegakan dan sanksi tegas dalam memaksimalkan penanganan Covid-19 di Kota Padang di masa new normal nanti," lanjutnya.

Mahyeldi menjelaskan Kota Padang masih berada dalam zona kuning dan belum hijau. Sehingga diperlukannya masa transisi yang akan berlaku mulai tanggal 8 - 12 Juni 2020 mendatang. Selain itu, kesadaran masyarakat akan menjaga kesehatan dan memakai masker dinilai masih rendah dan terkesan acuh tak acuh.

"Setelah masa transisi new normal berakhir, kita evaluasi. Jika tren grafik pasien positif kurvanya mulai melandai dan kita sudah memasuki zona hijau, baru kita terapkan new normal," tuturnya.

Nantinya, sosialisasi pada masa transisi akan dibantu oleh TNI dan Polri. Sebab, masih diperlukannya waktu untuk sosialisasi dan edukasi beberapa aturan teknis di mal, restoran dan tempat lainnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]