Terkait Kontroversi Injil Bahasa Minang, Gubernur Sumbar Bantah Sikap Intoleran 


Senin, 08 Juni 2020 - 07:35:22 WIB
Terkait Kontroversi Injil Bahasa Minang, Gubernur Sumbar Bantah Sikap Intoleran  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera (Sumbar) Barat Irwan Prayitno membantah telah bersikap intoleran terkait permintaan penghapusan aplikasi kitab injil berbahasa Minang di Play Store. Orang Minang punya falsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, yang artinya adat bersendikan syarak dan syarak bersendikan Quran dan Sunah. 

Jadi, kalau ada orang Minang nonmuslim, ia dianggap bukan lagi orang Minang. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyurati Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, meminta menghapus aplikasi Injil berbahasa Minang di Play Store. "Saya perlu meluruskan ini karena Minang itu dari sananya memang sudah begitu. Sebelum saya dan kita semua ada, Minang sudah Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah," kata Irwan di Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (7/6/2020).

Irwan sendiri menampik tindakannya menyurati Kemenkominfo sebagai sikap intoleran. Masyarakat Minangkabau baik yang berada di Sumbar maupun di daerah perantauan, sangat toleran terhadap keberagaman. Dia juga menjamin orang Minang dimanapun berada tidak mencari masalah, apalagi mempermasalahkan agama dan adat budaya lain.

Harusnya masyarakat di luar Minangkabau yang perlu toleran terhadap masyarakat Minang yang ingin mempertahankan indentitas kebudayaannya beridentik dengan Agama Islam. Adat dan budaya Minang sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia telah dilindungi oleh Undang-undang Dasar.

Irwan membandingkan dengan adat masyarakat Bali setiap kali merayakan Nyepi. Ketika Nyepi semua orang di Bali termasuk orang dari luar Bali termasuk yang bukan beragama Hindu harus berdiam di rumah. "Apa orang Bali disebut intoleran kepada bule-bule. Kita hargai Bali karena itu sudah jadi adat tradisi dari nenek moyangnya. Jadi ketika Minang ingin mempertahankan adat dan budayanya, kenapa disebut intoleran," ucap Irwan Prayitno. (*)

Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]