Thawalib Putri Padang Panjang Siapkan Gedung Baru  


Senin, 08 Juni 2020 - 08:43:46 WIB
Thawalib Putri Padang Panjang Siapkan Gedung Baru   Gedung baru Perguruan Thawalib Putri Padang Panjang.

HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Putri Padang Panjang untuk menyambut santri baru tahun ajaran 2020/2021 tengah mempersiapkan gedung baru yang saat ini dalam tahap pembangunan di komplek Perguruan Thawalib Putri di Jalan H. Agus Salim No.19, Kota Padang Panjang.

Ketua Yayasan Thawalib Padang Panjang, H. Ali Usman Syuib, Senin (8/6/2020) kepada harianhaluan.com menjelaskan, untuk santri baru di Thawalib Putri, tengah dipersiapkan gedung baru yang nantinya ditempati oleh para santri baru. “Saat ini, proses pekerjaan pembangunan sedang berlangsung dan ditargetkan bisa dipergunakan pada tahun ajaran baru,” ujarnya.

Menurut Ali Usman, pihak Yayasan Thawalib mempersiapkan sarana dan prasarana bagi calon santri baru Thawalib Putri dengan jenjang pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah tersebut sebaik mungkin, yakni sarana tempat tinggal maupun sarana belajar. Sebab, sistim pendidikan di Thawalib Putri adalah boarding school, yakni seluruh santri tinggal di asrama.

Pembangunan gedung baru tersebut dimulai proses pengerjaan di bulan Februari 2020 dengan bangunan dua lantai. Direncanakan lantai atas dipergunakan untuk tempat tinggal santri baru. “Kapasitas tempat tinggal di gedung baru tersebut buat santri sebanyak  60 orang,” kata Ali Usman.
 
Sementara, lantai bawah gedung baru tersebut akan dipergunakan untuk sarana perkantoran majelis guru. Sehingga berbagai hal menyangkut pelayanan kepada santri dan wali santri dengan mudah karena perkantorannya di lantai bawah. Kata Ali Usman, pembangunan gedung baru dua  lantai tersebut adalah wakaf dari Wardah Foundation yang menanggung biaya pembangunan gedung. 

“Alhamdulillah, ibuk Nurhayati Subakat sebagai pemilik Wardah Kosmetik menyampaikan kepada Yayasan Thawalib, bahwa untuk biaya pembangunan gedung baru tersebut wakaf dari beliau,” ujarnya.

Dengan biaya pembangunan gedung dua lantai dari Nurhayati Subakat, maka pihak Yayasan Thawalib memberi nama gedung baru tersebut adalah Gedung Thawalib Putri-Wardah Foundation. Untuk santri Thawalib Putri sendiri, mereka belajar dari pagi sampai malam hari dengan mempelajari kitab-kitab Thawalib serta pelajaran umum. 

Selain itu, juga berbagai kegiatan ekstrakurikuler pada sore hari dan kegiatan belajar di malam hari. Di kompleks Perguruan Thawalib Putri, memiiki gedung sekolah sendiri, gedung asrama sendiri, masjid dan sarana lainnya dengan pembinaan asrama oleh para guru asrama. Kampus Thawalib Putri berdiri sendiri, terpisah dari santri Thawalib Putra.

Selama para santri boarding school, maka disediakan katering dan laundry pakaian. Sehingga untuk kebutuhan sehari hari para santri telah disiapkan, sehingga para santri fokus untuk belajar ilmu agama di Thawalib Putri. Dalam meningkatkan pengetahuan agama, pada malam hari seluruh santri wajib mengikuti Tahfizh Quran yang diajarkan di kelas. 

Target hafalan santri yakni untuk jenjang Tsnawaiyah minimal 2 juz al-Quran dan jenjang Aliyah minimal 4 juz al-Quran. Kemudian, tahun 2019 lalu khusus untuk santri jenjang Aliyah, pembelajaran bahasa Arab didatangkan khusus guru dari Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir. Syekh Walid Hamdi dari Al-Azhar, Kairo setiap hari selasa mengajar bahasa Arab di Thawalib Putri. 

"Jadi, mengasah kemampuan berbahasa Arab, didatangkan orang Arab untuk mengajarkannya,” kata Ali Usman.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan putrinya masuk Tsanawiyah atau Aliyah di Thawalib Putri bisa mendaftar online di laman www.thawalibpadangpanjang.sch.id atau install di google play store dengan tajuk Thawalib Padang Panjang. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]