Sanggupkah Lionel Messi Jadi Gelandang?


Senin, 08 Juni 2020 - 08:48:51 WIB
Sanggupkah Lionel Messi Jadi Gelandang? Lionel Messi

HARIANHALUAN.COM - Tidak ada yang bisa membantah kualitas Lionel Messi sebagai penyerang, ratusan golnya untuk Barcelona sudah jadi bukti. Kendati demikian, fans Messi sepertinya harus terbiasa menyaksikan idolanya bermain sebagai gelandang. Evolusi permainan Messi mudah diamati. 

Dia memulai di posisi penyerang sayap kanan, pernah bermain sebagai false nine di masa Josep Guardiola, lalu memainkan peran seperti second striker ketika harus bermain bersama Neymar dan Luis Suarez. Messi pun kembali memikul peran berbeda pasca kepergian Neymar. Dia kembali jadi bintang satu-satunya, tapi semakin sering mundur menjemput bola untuk meladeni Suarez.

Kapten Barca ini jelas masih punya kemampuan dribel luar biasa, masih sulit direbut, tapi Messi semakin jarang menggiring bola seorang diri menembus pertahanan lawan. Akibatnya, jumlah assists Messi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Karena itulah Messi diyakini bakal berevolusi jadi gelandang kreatif sebelum gantung sepatu, setidaknya begitulah pandangan Luis Garcia, eks Barca dan Liverpool.

Meski pernah memikul berbagai peran berbeda, satu hal yang tetap sama adalah level Messi. Dia tetap bermain di level sangat tinggi, bahkan sekarang di usia yang tidak lagi muda. Faktor usia itulah yang membuat Garcia yakin Messi bakal perlahan-lahan menjelma jadi gelandang sepenuhnya. Kreativitas Messi mungkin tidak tertandingi.

"Dia [Messi] sudah bejalar beradaptasi dan memaksimalkan bakatnya dalam tim. Kita sudah pernah melihat dia bermain di sayap, bermain sebagai playmaker, sebagai gelandang serang. Dia tahu bagaimana cara memaksimalkan keterampilannya di setiap situasi, di setiap pertandingan, setiap saat," ungkap Garcia kepada Barca TV.

Karena itulah Garcia percaya Messi perlahan-lahan bakal menjelma jadi gelandang, bahkan mungkin tidak akan lama lagi. Bukan berarti gelandang tidak melelahkan, hanya dengan demikian Messi bisa memaksimalkan visinya dalam merancang serangan. Seiring waktu berjalan, semua akan menyaksikan Messi turun lebih dalam di lapangan. 

"Namun, dia masih akan menunjukkan bakat yang sama dan dia tetap akan jadi pemain penentu untuk Barcelona," lanjut Garcia.

Garcia pun menyatakan bahwa Messi bisa terus bermain untuk Barcelona kapan pun dia mau. Bakal menarik mengikuti perjalanan karier Messi yang mungkin tidak lama lagi. Dia sudah 32 tahun, waktu terus berjalan. Sepertinya bakal jadi pertunjukan menarik jika Messi sungguh bermain sebagai gelandang. Apa pun itu, menikmati Messi selagi bisa adalah privilege. (*)

 Sumber : Bola.net /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]