Dokter Andani: Semakin Banyak Penularan, Kasus Positif Covid-19 Tak Akan Meningkat


Senin, 08 Juni 2020 - 10:01:54 WIB
Dokter Andani: Semakin Banyak Penularan, Kasus Positif Covid-19 Tak Akan Meningkat Dr. dr. Andani Eka Putra.

HARIANHALUAN.COM - Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam penanganan Covid-19 yakni mencari orang yang berpotensi terjadi penularan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand, dr Andani Eka Putra. Jika semakin banyak penularan ditemukan, maka kasus positif tidak akan meningkat. 

Peningkatan kasus di suatu daerah tidak bisa dianggap bahwa daerah tersebut gagal dalam penanganan virus Corona. Langkah tersebut merupakan upaya keberhasilan dalam mengetahui orang yang menjadi sumber penularan. Semakin banyak ditemukan kasus di luar, sama artinya semakin banyak ditangkap orang yang berpotensi sebagai penular. 

"Upaya itu adalah yang terbaik kita lakukan dalam proses memutuskan rantai penularan,” kata Andani, Minggu (7/6/2020).

Virus Corona merupakan virus yang sudah ada sejak dulu kala. Pada manusia sudah ada dinamakan dengan common corona virus yang disebabkan influenza sekitar 15 persen. Wabah seperti ini juga sudah pernah terjadi disebut dengan sejarah Middle East Respiratory Syindrome (MERS) 2010 dan Savere Acute Respiratory Syindrome ( SARS) 2002. 

“Angka kematiannya MERS empat persen dan SARS sampai 10 persen. Semua kasus MERS maupun SARS berkembang dari hewan, kondisi yang sama juga terjadi bulan Desember tahun 2019 ditemukan infeksi virus Corona pada salah satu penduduk di daerah Wuhan,” ujarnya.

Hasil genetik yang menyebabkan virus ini identik ditemukan pada kelalawar. Jika dianalisa sangat mirip hampir 99 persen dengan ditemukan pada kelalawar, sedangkan identitas virus Corona pada manusia itu hanya sekitar 70 persen. Angka kematian Covid-19, sebenarnya tidak terlalu besar hanya tiga sampai empat persen. Namun pada fase puncaknya akan bergeser antara tujuh sampai 10 persen. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]