Mulai Tatanan Baru, Labor Unand Optimis Penanganan Covid-19 Bisa Maksimal


Senin, 08 Juni 2020 - 11:20:48 WIB
Mulai Tatanan Baru, Labor Unand Optimis Penanganan Covid-19 Bisa Maksimal Laboratorium FK Unand.

HARIANHALUAN.COM - Kepala Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand dibawah pimpinan dr Andani Eka Putra menerangkan pihaknya optimis dengan penanganan Covid-19 Sumatera Barat pada masa new normal nanti. Dalam rangka menyongsong era Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) semua persyaratan yang dikeluarkan oleh kementerian terkait harus dipenuhi.

“Edukasi masif kepada masyarakat, Trace, Test, Isolation and Treatment, survailance serta tes PCR masif pada semua komponen harus dipastikan,” ujar Andani, Minggu (7/6/2020).

Terkait kapasitas tes PCR, pihaknya mampu menampung 2.000 hingga 2.500 pemeriksaan per hari, pemeriksaan ini paling tinggi se-Indonesia. Upaya Tracing yang masif akan menjadi kunci dalam memutus rantai penularan Covid-19. “Bagaimana upaya-upaya menemukan orang-orang yang berpotensi sebagai penular, ini yang terpenting,” katanya.

Sebelumnya diinformasikan bahwa Sumbar mulai hari ini akan menerapkan normal baru atau new normal yang diikuti oleh 16 kabupaten dan kota untuk memasuki tatanan hidup baru diantaranya adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Agam, Dharmasraya, Tanah Datar, Padang Pariaman, Limapuluh Kota, Solok Selatan, Pasaman Timur, Pasaman Barat dan Kabupaten Solok. 

Untuk Kota yaitu Padang Panjang, Payakumbuh, Kota Pariaman, Kota Solok, dan Kota Sawahlunto. Sementara Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menjalani masa transisi hingga 12 Juni 2020 , setelah ini pada tanggal 13 Juni mudah-mudahan sudah siap untuk memasuki tatanan baru produktif aman Covid. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]