New Normal Rambah Restoran di Padang, Hendri Septa: 1 Meja Hanya Boleh 2 Orang


Senin, 08 Juni 2020 - 13:19:08 WIB
New Normal Rambah Restoran di Padang, Hendri Septa: 1 Meja Hanya Boleh 2 Orang Wakil Walikota Padang, Hendri Septa. Dok padangtribun

HARIANHALUAN.COM -- Saat ini Kota Padang telah memasuki masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlalu hingga 12 Juni 2020 nanti. Setelah itu, Kota Bingkuang akan menyambut new normal atau tatanan hidup baru, dengan begitu pelaku usaha perlu mengontrol pengunjung yang datang ke restoran ataupun kafe tersebut.

Wakil Walikota Padang, Hendri Septa menuturkan, saat Kota Padang menerapkan new normal nanti bukan berarti masyarakat bisa bebas. Namun tetap hidup normal dengan mematuhi protap kesehatan pencegahan virus Corona atau Covid-19. Seperti, rutin pakai masker, dan selalu jaga jarak.

"Jaga jarak ini kalau di restoran tidak bisa numpuk-numpuk. Biasanya, satu meja ada enam orang. Tapi saat new normal tidak bisa lagi. Satu meja hanya dua orang rata-rata," ujar Hendri Septa saat dihubungi Harianhaluan.com, kemarin.

Contoh seperti ini, kata Hendri Septa, sudah diterapkan di Thailand. Artinya benar-benar dijaga jarak antara pengunjung restoran. Bahkan dia mengakui, selama 1 Minggu terakhir belum ada restoran yang menerapkan aturan jaga jarak yang seperti diharapkan.

"Maka dalam seminggu ini, kita transisi menuju new life atau tatanan hidup baru. Jadi intinya kita sudah masuk transisi, dan yang jelas inti dari transisi ini adalah sosialisasi kita harus masif keseluruh elemen masyarakat, baik pelaku usaha hingga jamaah masjid," sebut Hendri Septa.

Begitu pula di tempat ibadah, sambung Hendri Septa, berdasarkan pantauan terakhir pada Jumat kemarin, jamaah sudah pakai masker, jaga jagak. Akan tetapi, disaat salat Jumat dan berjamaah harian dilaksanakan ternyata mereka lupa jaga jarak dan merapatkan shaf salatnya.

"Kalau merapatkan shaf ini, kan sama saja tidak full 100 persen menerapkan protap pencegahan penyebaran virus Coronanya," tandasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]