Corona di AS, Nyaris 2 Juta Orang Positif dan 110 Ribu Meninggal


Senin, 08 Juni 2020 - 16:37:18 WIB
Corona di AS, Nyaris 2 Juta Orang Positif dan 110 Ribu Meninggal Ilustrasi

WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - Total kasus virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) semakin mendekati 2 juta kasus. Lebih dari 110 ribu orang meninggal dunia di negara ini akibat virus Corona.

Seperti dilansir Reuters, Senin (8/6/2020), menurut data negara-negara bagian dan distrik AS, sekitar 1.000 warga AS meninggal setiap harinya akibat Corona sepanjang bulan Juni. Angka itu menurun dari puncak pada April, dengan data menunjukkan sekitar 2.000 warga AS meninggal setiap harinya akibat Corona.

Menurut penghitungan Reuters, total kasus virus Corona di AS kini nyaris mencapai 2 juta kasus. Data terpisah dari Johns Hopkins University (JHU) secara lebih detail melaporkan total kasus virus Corona di AS kini mencapai 1.942.363 kasus.

Angka tersebut masih tercatat sebagai total kasus virus Corona terbanyak di dunia, yang diikuti oleh Brasil dengan lebih dari 691 ribu total kasus dan Rusia dengan lebih dari 476 ribu kasus, menurut data JHU.

Beberapa negara bagian di wilayah AS bagian selatan melaporkan peningkatan tajam untuk jumlah kasus virus Corona. Berdasarkan analisis Reuters, negara bagian seperti Alabama, South Carolina dan Virginia melaporkan peningkatan kasus baru sebanyak 35 persen atau lebih dalam sepekan terakhir pada bulan Mei, jika dibandingkan sepekan sebelumnya.

Data penghitungan JHU melaporkan total kematian akibat virus Corona di AS mencapai 110.514 orang.

Secara global, tercatat lebih dari 7 juta orang terinfeksi virus Corona di berbagai negara, dengan lebih dari 403 ribu orang meninggal dunia. Situasi ini dicapai dalam beberapa bulan setelah virus Corona pertama terdeteksi di China pada akhir tahun lalu, sebelum meluas ke Eropa dan AS serta puluhan negara lainnya.

Dari 20 negara yang terdampak paling parah, menurut data Reuters, AS berada di peringkat 8 untuk angka kematian tertinggi per kapita. Reuters melaporkan AS memiliki 3,3 kematian per 10 ribu orang. Belgia berada di peringkat 1 dengan 8 kematian per 10 ribu orang, yang diikuti oleh Inggris, Spanyol, Italia dan Swedia. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]