Andre Rosiade Kirim Ribuan Masker untuk Lapas-Rutan di Sumbar


Selasa, 09 Juni 2020 - 09:58:18 WIB
Andre Rosiade Kirim Ribuan Masker untuk Lapas-Rutan di Sumbar Penyerahan masker ke lapas

HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengirim ribuan masker untuk sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Padang. Masker-masker ini dikirim untuk mencegah penularan Covid-19 di LP dan Rutan.

Masker dikirim untuk LP Klas II A Muaro Padang, Rutan Anak Air Padang serta LP Perempuan Anak Air Padang. Ribuan masker itu diserahkan oleh pengurus DPD Gerindra Sumbar, Joni Rusjan dan Edward Azwar kepada Kalapas Muaro Padang Arimin disaksikan Kepala Bapas Padang Karto Raharjo dan sejumlah kepala seksi, kemarin.

Masker selanjutnya dibagikan oleh petugas lapas kepada para narapidana yang ada di LP di kawasan pantai Padang tersebut.

Joni Rusjan menyebutkan, dia mendapatkan amanah dari Andre Rosiade untuk menyerahkan masker kepada LP Muaro Padang, sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan LP.

"Karena itu kami datang menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade untuk LP Padang, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kebaikan kita bersama," kata dia.

Kalapas Muaro Padang Arimin mewakili petugas dan penghuni LP yang ada di dalam mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade dan Partai Gerindra. Ia menyebut penghuni Lapas pasca kebijakan asimilasi atau pembebasan bersyarat akibat Covid, penghuni LP tinggal 1.200 Napi.

"Tidak banyak yang memberikan perhatian kepada kami dan para penghuni Lapas ini. Apa yang dilakukan Andre ini luar biasa," kata Arimin.

"Terima kasih kepada Gerindra Sumbar yang telah peduli kepada para penghuni di sini. Kami di sini juga sudah memberlakukan protokol Covid-19 di Rutan Anak Air," kata Karutan Anak Air, Eri Erawan ditempat terpisah.

Dihubungi terpisah, Andre Rosiade menyebutkan, sengaja menyiapkan masker untuk para penghuni LP Muaro Padang, LPP Anak Air dan Rutan Anak Air. Karena, mereka juga membutuhkannya untuk terhindar dari covid-19. Untuk masker di Rutan Anak Air, sebagiannya ditambahkan oleh kader Gerindra yang juga Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (NA).

"Kami melihat, para penghuni lapas dan rutan ini juga harus dibantu persiapan mereka menghadapi pandemi Covid-19 ini. Jangan sampai mereka yang sedang menjalani hukuman malah ditambah lagi dengan penyakit berbahaya ini. Kami akan terus mengirimkan bantuan-bantuan untuk masyarakat Sumbar," kata ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Petugas dan penghuni Lapas menjadi kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Kasus petugas Lapas yang positif terinfeksi Covid di Sumbar antara lain ditemukan di Lapas Sijunjung dan Lapas Pasaman Barat. (*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]