Rekomendasi Alim Ulama, Thawalib Padang Panjang Gratiskan Biaya Masuk Bagi Anak Yatim


Selasa, 09 Juni 2020 - 10:03:35 WIB
Rekomendasi Alim Ulama, Thawalib Padang Panjang Gratiskan Biaya Masuk Bagi Anak Yatim Thawalib Padang Panjang Gratiskan Biaya Masuk Bagi Anak Yatim

HARIANHALUAN.COM - Rekomendasi yang dikeluarkan oleh para alim ulama bagi anak anak yatim, fakir miskin yang mempunyai kemauan kuat untuk menuntut ilmu agama serta memiliki prestasi akademik yang bagus, akan diberikan beasiswa berupa pembebasan biaya masuk Perguruan Thawalib Padang Panjang tahun ajaran 2020-2021.

Rekomendasi dari para alim ulama tersebut untuk jenjang pendidikan Tsnawaiyah bagi lulusan sekolah dasar, dan jenjang pendikan Aliyah bagi tamatan Tsanawiyah atau SMP. “Yayasan Thawalib sangat menghargai dan menghormati jika ada para alim ulama memberikan rekomendasi terhadap anak yatim, fakir miskin masuk ke Perguruan Thawalib,” kata Ketua Yayasan Thawalib Dr. Saiful Amin kepada harianhaluan.com Selasa (9/6/2020).

Untuk tahun ajaran baru 2020-2021 telah dibuka pendaftaran penerimaan santri baru bagi putra-putri baik lulusan SD maupun lulusan Tsanawiyah/SMP dengan pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website : www.thawalibpadangpanjang.sch.id atau install di playstore : Thawalib Padang Panjang.

Dalam penerimaan santri baru tersebut, kata Saiful Amin, para alim ulama bisa memberikan rekomendasi kepada anak yatim, anak anak yang berasal dari keluarga fakir miskin untuk masuk Perguruan Thawalib. “Ini kebijakan yang dikeluarkan oleh Yayasan Thawalib dengan menghargai keberadaan para alim ulama,” ujarnya.

Rekomendasi dari alim ulama tersebut adalah salah satu persyaratan masuk Perguruan Thawalib tanpa dikenakan biaya PPDB dan diberikan beasiswa 100 persen untuk anak yatim dan fakir miskin. Dengan rekomendasi tersebut,  tujuannya agar anak yatim dan fakir miskin menyadari  bahwa ia masuk Perguruan Thawalib karena ada rekomendasi alim ulama.  Kemudian, diharapkan setelah tamat Perguruan Thawalib bisa menjadi ustad, mubaligh di kampung halamannya nanti.

Dengan dilibatkannya alim ulama setempat  memberikan rekomendasi, adalah  upaya agar alim ulama juga memberikan bimbingan ketika santri pulang  kampungnya. “Jadi tujuannya santri tersebut bisa meneruskan tugas alim ulama di kampung halamannya nanti,” kata Saiful Amin.

Beasiswa
Yayasan Thawalib Padang Panjang memberikan kesempatan kepada anak yatim, fakir miskin untuk menimba ilmi agama di Perguruan Thawalib pada tahun ajaran 2020/2021 yakni beasiswa berupa tanpa membayar biaya PPDB maupun biaya bulanan. 

Persyaratan lainnya adalah calon santri betul betul seorang anak yatim atau berasal dari keluarga fakir miskin. Persyaratan ini harus dibuktikan dengan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah desa, walinagari atau kelurahan.

Persyaratan berikutnya, calon santri dari anak yatim dan fakir miskin harus memiliki prestasi  akedemik di sekolah sebelumnya yakni prestasi juara 1 sampai juara 3. “Tujuan dari persyaratan ini, kami ingin memberikan kesempatan kepada anak yatim dan fakir miskin yang punya prestasi akademik atau juara 1 sampai 3 di sekolah sebelumnya bisa melanjutkan pendidikan tanpa dibebani masalah biaya,” kata Saiful Amin yang juga dosen UIN Bukittinggi.

Persyaratan lainnya adalah surat pernyataan dari calon santri yang menyatakan dirinya bersungguh sungguh untuk menuntut ilmu agama di Perguruan Thawalib dan mengikuti ketentuan selama menjadi santri di Perguruan Thawalib.

Para santri akan mendapatkan pendidikan di Perguruan Thawalib dari pagi sampai malam hari dengan mempelajari kitab kitab Thawalib serta pengetahuan umum. Kemudian  akan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sore hari. Belajar tahfiz al-Quran secara intens, didik  berpidato, menjadi imam, serta didikan  akhlak dan budi pekerti yang sesuai nilai nilai Islam.

Kata Saiful Amin, untuk tahun ajaran baru 2020/2021, disediakan kursi terbatas bagi anak yatim, fakir miskin dengan persyaratan tersebut mendapatkan beasiswa masuk Perguruan Thawalib. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]